HomeGaya hidupDiet dan NutrisiKiat Memilih Makanan Diskon yang Sehat
Diet dan Nutrisi

Kiat Memilih Makanan Diskon yang Sehat

Birgitta Ajeng, 26 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Makanan diskon yang dijual di toko belum tentu sehat dan aman. Anda perlu waspada sebelum membelinya.

Kiat Memilih Makanan Diskon yang Sehat

Label diskon besar yang ada di setiap sudut restoran, toko roti, atau kedai kopi tentu sangat menyilaukan mata. Anda yang tidak punya rencana belanja, menjadi tertarik mengambil satu item saja makanan diskon. Lumayan, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk setangkup roti atau secangkir kopi yang sangat nikmat.

Dalam satu bulan, mungkin ada lebih dari satu toko yang menjajakan makanan atau minuman dengan harga miring. Memanfaatkan promosi dari toko-toko tersebut sah-sah saja. Namun, apakah makanan yang Anda beli dengan harga diskon tersebut merupakan makanan sehat dan aman? Bagaimana bila jajanan itu hanya akan menambah berat badan Anda?

Sebelum salah membeli, Anda perlu menyimak kiat memilih makanan diskon yang sehat berikut ini:

  1. Memahami keterangan “Use-By”, “Sell-By”, dan “Best-By

Hati-hati saat membeli makanan kemasan dengan harga murah di pusat perbelanjaan, terutama daging, yoghurt, susu, saus, dan lainnya. Anda perlu memperhatikan tanggal kedaluwarsa dari makanan tersebut. Selain itu, Anda perlu memahami keterangan lain seperti “Use-By”, “Sell-By,” dan “Best-By”.

Menurut Bob Brackett, Ph.D., direktur di Institute for Food Safety and Health, Illinois Institute of Technology, Amerika Serikat, seperti ditulis Women’s Health, “Use-By” adalah tanggal saat kualitas produk mulai menurun dengan cepat, sehingga perlu memperhatikan keamanannya.

Sementara itu, “Sell-By” adalah tanggal untuk memberi tahu pedagang tentang sampai kapan mereka dapat memajang makanan atau minuman kemasan di rak toko. Sedangkan, “Best-By” adalah tanggal ketika kualitas makanan menurun. Meski demikian, makanan itu masih aman dikonsumsi.

  1. Lebih teliti sebelum membeli roti

Bila menemukan roti irisan panggang dengan harga diskon, roti tersebut mungkin telah diproduksi beberapa waktu lalu atau hampir mendekati tanggal kedaluwarsa. Jadi sebelum membelinya, Anda perlu mempertimbangkan atau menanyakan terlebih dahulu tentang kualitas roti tersebut kepada pihak penjual.

  1. Jika tidak memakannya, jangan pernah membeli

Anda mungkin sedang menerapkan pola makanan sehat saat ada diskon besar-besaran di sebuah restoran cepat saji. Meski harga dari sebuah makanan atau minuman sedang sangat murah, Anda tidak perlu membelinya. Mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan berat badan Anda. Anda bisa mengalokasikan pengeluaran untuk membeli buah atau sayur.

  1. Jangan belanja saat lapar

Manusia lebih cenderung membeli sesuatu saat lapar. Demikian menurut sebuah laporan di jurnal Prosiding National Academy of Sciences. Para periset menemukan bahwa fenomena ini tidak hanya berlaku untuk belanja bahan makanan atau pemesanan di restoran, tapi juga untuk belanja jenis apa saja.

"Kelaparan memotivasi orang untuk mengonsumsi makanan," para peneliti menulis di jurnal tersebut. Orang yang kelaparan juga lebih cenderung untuk mendapatkan benda-benda yang tidak bisa memuaskan rasa lapar mereka.

Jadi, dapat dikatakan bahwa kecenderungan belanja makanan atau minuman diskon saat juga dapat terjadi. Karena itu, sebuah penelitian lain dari Cornell University, Amerika Serikat, menyarankan untuk makan buah sebelum pergi ke sebuah kedai makanan cepat saji. Ini bisa menyelamatkan Anda dari keinginan membeli makanan tinggi kalori.

  1. Waspada terhadap kondisi makanan diskon

Meski sedang diskon, Anda jangan membeli daging atau unggas dalam kemasan yang bocor. Di samping itu, jangan membeli makanan kaleng jika kaleng tersebut penyok, bocor, menggembung atau berkarat. Hindari pula membeli makanan laut beku jika kemasannya terbuka, sobek, atau hancur.

Demikian tadi beberapa kiat memilih makanan diskon yang sehat. Jangan sampai karena murah semata, Anda tanpa sadar telah mengonsumsi makanan yang tidak sehat, atau bahkan telah kedaluwarsa.

[RVS]

kedaluwarsasehatmakanangiziMakanan Diskon

Konsultasi Dokter Terkait