Sukses

Resep Alami Mengatasi Flek Hitam

Menghilangkan flek hitam tidak harus menggunakan obat-obatan. Coba resep alami ini untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Anda ingin memiliki kulit bersih, mulus, dan cerah seperti artis Korea? Tidak hanya Anda, setiap wanita tentu mendambakannya. Namun, bagaimana kalau terdapat banyak masalah di wajah, seperti flek hitam?

Flek hitam memang bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari bekas jerawat, dermatitis (luka yang sembuh dan meninggalkan bekas), paparan sinar matahari, KB, kehamilan, sampai penuaan.

Flek hitam yang disebabkan oleh bekas jerawat, penyakit kulit, dan luka relatif lebih mudah dihilangkan. Namun, flek hitam yang disebabkan oleh sinar matahari, hormonal, dan penuaan lebih sulit untuk ditangani.

Ada beragam cara untuk mengatasi flek hitam, mulai dari obat-obatan, krim, peeling kimia, mikrodermabrasi, hingga laser. Selain harganya yang relatif mahal, pengobatan tersebut memiliki efek samping dan down time yang biasanya kurang disukai.

Resep alami sebagai alternatif

Karena itu, banyak orang mencoba berbagai resep alami untuk membantu mengatasi flek hitam. Resep alami memang lebih disukai, karena memiliki efek samping yang lebih minimal, natural, dan menawarkan harga yang lebih rendah.

Berikut ini adalah beberapa tumbuhan yang dapat digunakan sebagai resep alami untuk mengatasi flek hitam:

1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki nama latin aloe vera. Tanaman ini dipercaya dapat membantu mengatasi flek hitam, karena mengandung zat aloesin. Selain itu, tanaman yang dapat diolah menjadi minuman kesehatan ini juga dapat membantu mengatasi keriput, stretch mark, dan penyembuhan luka.

2. Akar manis

Ekstrak akar manis atau licorice merupakan tanaman yang bermanfaat untuk memutihkan flek hitam. Kandungan utama dari akar manis adalah glabridin. Kandungan ini mampu menghambat pembentukan sel pigmen di kulit. Efek samping yang ditimbulkan dari pemakaiannya pun minimal.

3. Raspberry

Sama seperti akar manis, raspberry juga dapat menghambat pembentukan sel pigmen di kulit. Pada akhirnya, hal ini dapat mengurangi flek hitam di wajah. Karena itu, raspberry yang mengandung zat tiliroside ini kerap menjadi bahan baku krim yang bermanfaat untuk mengatasi flek hitam.

4. Bearberry

Daun yang dikeringkan dari tanaman bearberry ternyata mengandung arbutin alami, yaitu turunan hidrokuinon yang berkhasiat dalam membasmi flek hitam.

5. Mulberry

Tanaman mulberry mengandung zat muberroside F. Zat ini berperan dalam menghambat pembentukan pigmen melanin yang dapat menyebabkan flek hitam. Karena itu, banyak krim kecantikan yang memasukkan mulberry ke dalam salah satu bahan aktifnya.

6. Ginseng

Ekstrak akar ginseng berkhasiat mencerahkan wajah sekaligus mengatasi flek hitam yang mengganggu.

7. Nanas

Selain enak dikonsumsi secara langsung dan dibuat menjadi isian roti atau kue, nanas ternyata mengandung 18 jenis senyawa fenolik dan dua jenis senyawa sulphur. Kandungan-kandungan tersebut dapat mengatasi flek hitam.

8. Minyak primrose

Minyak primrose (evening primrose oil) mengandung komponen yang dapat menghambat pembentukan pigmen melanin yang bisa menyebabkan flek hitam.

9. Persimmon

Selain dapat mencerahkan flek hitam, persimmon juga memiliki efek mengurangi kerut pada wajah.

10. Rosehip

Rosehip mengandung proantosianidin yang mampu menghambat pembentuk pigmen melanin pada kulit. Selain digunakan secara topikal (dioles), rosehip juga dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi flek hitam.

11. Jahe

Jahe mengandung gingerol. Selain memiliki efek anti-peradangan, komponen ini juga dapat membantu mencerahkan flek hitam.

Ada begitu banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan resep alami untuk mengatasi flek hitam. Jika ingin mencari alternatif lain dari obat-obatan, Anda bisa mencoba beberapa bahan alami di atas.

[BA/ RVS]

8 Komentar