Sukses

Tips Menjaga Kesehatan di Tempat Pengungsian Bencana

Saat bencana datang, terkadang Anda akan diminta untuk mengungsi di lokasi khusus. Agar tetap sehat, berikut tips menjaga kesehatan di pengungsian.

Sejumlah daerah di Indonesia sedang ditimpa musibah bencana alam di awal tahun ini. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), per 1 Januari hingga 23 Januari 2021, sudah ada 197 kejadian bencana alam di Indonesia.

Pagebluk tersebut antara lain mencakup gempa bumi, banjir, longsor, dan angin puting beliung. Keadaan itu mau tak mau membuat sejumlah warga harus mengungsi demi mencari tempat yang lebih aman.

Sayangnya, berkumpul dengan orang banyak dengan standar sanitasi dan kesehatan berbeda juga berisiko. Supaya lebih aman, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan di pengungsian.

1 dari 3 halaman

Tips Jaga Kesehatan di Ruang Pengungsian

Sejumlah cara menjaga kesehatan warga selama berada di ruang pengungsian adalah sebagai berikut:

1. Jaga Kebersihan Tubuh 

Meski sedang berada di tempat pengungsian, Anda tetap diminta untuk menjaga kebersihan tubuh. Gunakan toilet yang sudah disediakan untuk membersihkan diri dengan air dan sabun. 

Ganti pakaian dalam secara rutin agar tidak muncul jamur dan bakteri di area intim. Ganti juga pakaian jika sudah kotor dan terasa lembap. Lalu, jangan lupa juga untuk mandi dengan air mengalir dan pastikan sanitasi di sekitar tempat pengungsian bersih.

Artikel lainnya: Daftar Perlengkapan yang Wajib Ada dalam Tas Siaga Bencana

2. Cuci Tangan secara Rutin

Di masa pandemi seperti sekarang, Anda diharapkan rajin mencuci tangan. Tidak hanya di dalam rumah, mencuci tangan juga wajib dilakukan di tenda pengungsian. 

Cuci tangan setelah ke kamar mandi, sebelum makan, setelah makan, dan setelah memegang benda asing yang ada di area tenda pengungsian. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, dan keringkan secara sempurna. 

3. Hindari Menggunakan Alat Makan/Pribadi secara Bersamaan 

Dijelaskan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, bawalah alat makan atau alat mandi sendiri, seperti sendok, piring, handuk, dan sikat gigi. 

Jika memang tidak sempat terbawa dari rumah, pastikan Anda tidak saling meminjam alat makan/alat mandi dari orang lain. Hal ini guna mencegah penyebaran virus/bakteri penyebab penyakit.

Biasanya, saat di tempat pengungsian, masing-masing orang akan diberikan alat mandi dan alat makan. 

4. Pakai Masker 

“Selama berada di tenda pengungsian, tetap gunakan masker dan selalu sediakan masker cadangan. Bila perlu Anda menggunakan alat pelindung diri agar tidak mudah tertular virus dari orang lain,” saran dr. Iqbal.

“Seperti kita tahu, di (tempat) pengungsian itu biasanya tidak terlalu besar dan dipadati oleh banyak orang,” dia menambahkan.

Artikel lainnya: 5 Penyakit Ini Rentan Terjadi Setelah Gempa dan Tsunami

Biasanya tim SAR sudah menyediakan cadangan masker untuk para pengungsi. Jadi, jangan takut kehabisan, ya! 

5. Usahakan Makan Teratur 

Makan teratur sangat penting untuk kesehatan di pengungsian. Meski tidak selengkap yang tersedia di rumah, Anda tetap diminta untuk makan secara teratur.

Jika memungkinkan, sediakan juga camilan yang bisa menekan rasa lapar ketika jumlah makanan di tenda pengungsian terbatas. 

“Pastikan makanan sudah dimasak atau dikemas dengan benar. Jangan lupa juga untuk memastikan kebersihan makanan yang telah dibagikan,” tutur dr. Iqbal.

“Kalau bisa, langsung habiskan dan jangan sisakan makanan yang diberikan. Dan yang terpenting, pastikan tanggal kedaluwarsa makanan,” katanya lagi.

6. Tetap Aktif Berolahraga 

Olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk saat berada di dalam tenda pengungsian. Cobalah cari space untuk olahraga tanpa mengganggu aktivitas orang sekitar.

Lakukanlah olahraga dan gerakan sederhana, seperti peregangan, sit-up, dan jalan santai. Hal ini berguna untuk menjaga sirkulasi darah berjalan baik, dan meningkatkan kesehatan pengungsi karena naiknya sistem imun. 

Artikel lainnya: Tips Pertolongan Pertama Korban Bencana seperti Gempa Lombok

7. Minum Air Putih

Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik, meski sedang berada di dalam tenda pengungsian. Tubuh yang kekurangan cairan bisa berisiko dehidrasi hingga lemas dan mudah sakit. 

2 dari 3 halaman

Jangan Lupakan Kesehatan Mental Selama Mengungsi 

Kondisi kesehatan saat bencana sangat penting dijaga. Namun, jangan lupakan juga kesehatan mental selama di pengungsian.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental selama di tempat pengungsian: 

  • Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan 

Selain olahraga, Anda juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan lainnya bersama pengungsi lain. Misalnya, buatlah mini games dengan tetap menaati protokol kesehatan.

Interaksi sosial bermanfaat membuat psikis pengungsi jadi lebih tenang dan senang.

  • Kelola Stres

Cobalah untuk lebih rileks dan jangan terlalu memusingkan apa yang sudah terjadi. Fokus pada pemulihan, dan jangan terpuruk pada keadaan.

Jika panic attack muncul, coba cari udara segar, dan lakukan latihan pernapasan. Tarik napas dari hidung dan perlahan keluarkan dari mulut.

  • Interaksi dengan Orang Lain

Jangan sungkan untuk menanyakan atau membangun komunikasi dengan sesama pengungsi. Bila diperlukan, buat komunitas selama mengungsi untuk saling menguatkan dan saling update berita terbaru.

  • Coba Menerima Keadaan

“Sadari bahwa ini adalah salah satu peristiwa tidak menyenangkan yang terjadi dari banyak peristiwa menyenangkan yang terjadi. Terima emosi sedih yang dirasakan atas kehilangan yang terjadi, jangan ditahan atau dipendam,” kata psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi.

Kondisi kesehatan di pengungsian, baik fisik dan mental, wajib diperhatikan. Kalau muncul keluhan tertentu selama di tempat mengungsi, jangan ragu untuk meminta bantuan dokter atau petugas kesehatan.

Jangan ketinggalan berita seputar kesehatan, penyakit, dan nutrisi dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar