Sukses

Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Gigi

Uring-uringan karena sakit gigi? Beberapa cara mudah dan cepat untuk redakan sakit gigi ini bisa Anda lakukan di rumah.

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak jenis nyeri pada tubuh yang jika dialami efeknya bisa membuat Anda tak berdaya, dan banyak orang yang setuju bahwa sakit gigi adalah satu di antaranya. Kondisi sakit gigi ini pun bisa jadi makin parah jika Anda termasuk orang yang malas atau takut untuk pergi ke dokter gigi.

Menurut Bobbi Stanley, D.D.S., dokter gigi dari klinik Stanley Dentistry, Amerika Serikat (AS) seperti dikutip Men’s Health, jangan menghindari dokter gigi ketika Anda mengalami sakit gigi. Sakit gigi merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang salah pada kesehatan mulut dan gigi, bahkan bisa jadi merupakan pertanda penyakit-penyakit lainnya.

Sakit gigi biasanya disebabkan oleh terjadinya peradangan pada satu atau beberapa gigi, yang pada akhirnya terciptalah rasa nyeri yang sering kali dahsyat. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari gigi berlubang, gigi bungsu atau gigi geraham ketiga (wisdom atau impacted teeth), gigi patah, penyakit gusi, abses gigi, atau kerusakan enamel karena kebiasaan grinding gigi.

Kiat mudah redakan sakit gigi

Mengobati sakit gigi di rumah atau di kantor – tanpa bantuan dokter gigi – tidak akan mengatasi masalah secara total. Memang sakit gigi bisa reda, tapi itu hanya bersifat sementara, karena bukan tidak mungkin sakit gigi akan kembali muncul jika tidak segera diketahui penyebabnya.

Meski demikian, mengobati sakit gigi di rumah bisa berguna, khususnya sembari menunggu janji dengan dokter gigi. Berikut ini adalah beberapa cara mudah dan cepat mengatasi sakit gigi di rumah yang bisa Anda lakukan:

  1. Mengonsumsi obat penghilang nyeri (painkiller)

Bisa dibilang metode ini adalah merupakan langkah pertama dan populer yang dilakukan banyak orang ketika mengalami sakit gigi. Alasannya adalah karena memang painkiller bisa bekerja efektif.

Dikatakan oleh drg. Callista Argentina, painkiller umum diresepkan oleh dokter gigi. Cara mendapatkannya pun mudah, tersedia di apotek dan toko obat. Meski begitu, kekurangannya adalah bahan aktif yang sampai di pembuluh darah dan organ yang bermasalah hanya 10 persen.

Menurut Dr. Bobbi, terus-terusan mengandalkan obat pereda nyeri akan membuat Anda seolah yakin bahwa nyeri yang dialami membaik, sementara penyebabnya mungkin akan semakin memburuk tanpa Anda sadari. Nah, jika sakit gigi mereda, jangan sampai menunda atau membatalkan janji Anda dengan dokter gigi.

  1. Menggunakan gel benzocaine

Gel ini bekerja dengan baik pada area gusi di sekitar gigi yang terasa sakit, bukan gigi itu sendiri. Ditambahkah oleh drg. Callista, obat jenis ini memiliki efek samping yang minim dan sangat membantu bagi pasien yang juga mengalami gangguan pencernaan. Kandungan 20 persen benzocaine pada gel ini menjadikannya antiseptik untuk mencegah infeksi gigi. Kandungan mentolnya membantu mendinginkan bagian yang sakit.

  1. Berkumur dengan larutan air garam hangat

Langkah ini tergolong sangat mudah. Campurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air mendidih. Ketika suhu air turun dan cukup hangat untuk tidak sampai membakar lidah Anda, berkumurlah dengan campuran tersebut selama 30 detik. Jika diperlukan, lakukan beberapa kali dalam sehari. Cara ini tak hanya dapat membersihkan mulut, tapi juga menghilangkan cairan dari gusi yang mungkin membuatnya bengkak. Menurut Dr. Bobbi, ini karena garam dapat mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh yang dapat membantu menyembuhkan radang.

  1. Kompres dingin dengan es batu

Bungkus es batu dengan handuk, lalu kompres di pipi atau sekitar area sumber nyeri dan tahan selama 10 menit. Anda dapat melakukan ini selama yang Anda mau, tapi pastikan jeda selama 10 menit sebelum mengompresnya lagi. Kata Dr. Bobbi, sensasi dingin akan mengurangi bengkak dan mengurangi rasa sakit.

  1. Manfaatkan teh celup peppermint

Celup kantong teh peppermint ke dalam air panas, lalu peras kelebihan air dan masukkan ke kantong teh dalam freezer. Ketika sudah dingin, taruh pada gusi dan gigi yang sakit selama 20 menit. Kandungan mentol pada peppermint akan meredakan rasa nyeri.

  1. Gunakan minyak cengkeh

Seperti dituturkan oleh drg. Callista, minyak cengkeh mengandung zat antiseptik, antiradang, dan antinyeri. Teteskan minyak cengkeh pada kapas steril bulat kecil, kemudian tempelkan kapas tersebut pada gusi dan gigi yang sakit. Anda bisa membeli minyak cengkeh di apotek atau toko obat. Cengkeh mengandung eugenol, yaitu anestesi alami yang dapat mengatasi rasa nyeri.

Beberapa cara di atas dapat membantu Anda meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi secara mudah dan cepat. Meski demikian, jika rasa nyeri mereda atau hilang, jangan sampai menunda atau membatalkan kunjungan Anda ke dokter gigi. Hanya dokter gigi yang dapat mengetahui apa penyebab sakit gigi yang Anda alami, serta memberikan penanganan medis yang tepat sehingga sakit gigi dapat diatasi secara tuntas. 

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar