Pencernaan

Waspada Bahaya Dehidrasi akibat Diare

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 16 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penyakit diare bisa memicu kondisi dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh. Apa saja bahaya dehidrasi saat diare? Mari simak lengkapnya di sini.

Waspada Bahaya Dehidrasi akibat Diare

 

Diare merupakan peningkatan jumlah (tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. 

Diare yang berlangsung secara terus-menerus dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan dehidrasi. 

Jika dibiarkan, dehidrasi akibat diare dapat berbahaya bagi tubuh Anda. Pada tahap awal, dehidrasi menyebabkan keluhan lemas dan merasa haus. Sementara pada keadaan berat, dapat mengancam nyawa.

Bagaimana Diare Menyebabkan Dehidrasi?

Dehidrasi dapat terjadi ketika tubuh kehilangan cairan dan tidak dapat berfungsi secara normal. 

Setiap orang dapat mengalami dehidrasi, namun kondisi ini berbahaya apabila terjadi pada anak-anak dan orang lanjut usia (lansia).

Penyebab paling umum pada anak adalah diare dan muntah yang parah. Sedangkan pada orang lansia, dapat dipicu oleh kondisi medis tertentu (misalnya, infeksi), atau obat-obatan. 

Artikel Lainnya: 4 Minuman Terbaik untuk Gantikan Cairan Tubuh saat Diare

Dehidrasi juga dapat terjadi pada setiap orang yang tidak cukup minum saat berada di tengah cuaca terik atau ketika berolahraga secara intens.

Pada keadaan diare, sel pelapis usus tidak dapat mencerna makanan dengan normal. Penyerapan cairan dari makanan tidak dapat berlangsung dengan baik sehingga cairan akan berkumpul pada rongga usus dan dikeluarkan kembali. 

Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan defisit cairan tubuh karena penyerapan yang tidak optimal yang pada akhirnya menyebabkan dehidrasi.

Bahaya Dehidrasi saat Diare

Kekurangan cairan pada tahap yang berat dapat menyebabkan berbagai komplikasi, bahkan bisa mengancam nyawa. 

Beberapa komplikasi di antaranya adalah:

  • Gangguan ginjal dan berkemih

Dehidrasi yang berlangsung secara berkepanjangan dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemihbatu ginjal, dan bahkan gagal ginjal.

  • Kejang.

Orang yang mengalami dehidrasi (misalnya karena diare) biasanya mengalami ketidakseimbangan atau gangguan elektrolit, seperti kalium dan natrium. 

Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan gangguan kontraksi otot hingga kehilangan kesadaran.

  • Syok hipovolemik

Komplikasi ini merupakan salah satu dampak dehidrasi yang sangat serius. Syok hipovolemik adalah ketika terjadi penurunan volume darah yang menyebabkan penurunan tekanan darah. 

Tekanan darah yang rendah dapat menyebabkan gangguan hantaran oksigen dan nutrisi ke organ tubuh manusia 

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Diare yang Perlu Anda Tahu

Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi saat Diare

Untuk mencegah serta mengatasi dehidrasi akibat diare, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Kenali tanda awal dehidrasi. Bagi bayi atau anak, gejala dehidrasi berupa mulut dan lidah kering, tidak ada air mata saat menangis, popok kering selama tiga jam terakhir, mata dan pipi cekung, fontanel (bagian dari tulang tengkorak) cekung dan melunak, serta rewel dan mengantuk. 

Sedangkan pada orang dewasa, dehidrasi bisa menimbulkan keluhan rasa haus hebat, berkurangnya frekuensi buang air kecil, warna urine menjadi gelap, lemah, lesi, pusing berputar, disorientasi, hingga penurunan kesadaran.

  • Pastikan asupan cairan cukup selama diare. Anda perlu cukup minum air putih dan mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar air, seperti buah dan sayur. 

Anda juga perlu meningkatkan jumlah konsumsi cairan, terutama ketika diare disertai dengan muntah-muntah. 

  • Perhatikan warna urine Anda. Salah satu Indikator mudah dehidrasi yaitu melalui warna urine. 

Urine yang berwarna putih jernih merupakan tanda bahwa Anda sudah cukup minum. Namun, urine yang berwarna kuning pekat bisa menjadi pertanda adanya kekurangan cairan.

Agar terhindar dari bahaya dehidrasi akibat diare, Anda dapat melakukan beberapa kiat di atas. Jangan anggap sepele asupan cairan harian Anda. 

Ada beragam risiko yang mengintai bila tubuh terlanjur dehidrasi, bahkan nyawa taruhannya. Bila ada pertanyaan seputar penyakit yang dialami Anda, coba layanan LiveChat dari KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi: 

Medline Plus. Diakses 2021. Diarrhea.

WebMD. Diakses 2021. Diarrhea. 

DiareDehidrasi

Konsultasi Dokter Terkait