Sukses

6 Manfaat Akupunktur untuk Kulit Wajah

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, akupunktur juga dapat mempercantik kulit wajah Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Terapi akupunktur telah dikenal sejak lama dan merupakan bagian penting dalam pengobatan tradisional Cina. Terapi ini sendiri dilakukan dengan cara menusukkan jarum kecil ke titik-titik khusus di permukaan tubuh dengan kedalaman tertentu. Khusus di wajah, umumnya jarum ditusukkan di area kepala, wajah, dan leher.

Terapi akupunktur dapat mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh. Dengan menusukkan jarum di kulit diyakini dapat membantu melancarkan aliran darah, serta mengembalikan keseimbangan energi dalam tubuh. Untuk beberapa penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, rinitis alergi, nyeri wajah, radang sendi, dan nyeri otot, praktik akupunktur bahkan telah terbukti efektif secara ilmiah.

Dari segi kecantikan, tusukan jarum di kulit wajah juga dapat mencegah timbulnya tanda penuaan dini dan menjaga kulit tetap sehat. Untuk melakukannya pun umumnya tidak diperlukan waktu yang lama, cukup 60–90  menit tiap sesi terapi.

Selain itu, bila dilakukan dengan prosedur yang benar, akupunktur jarang menimbulkan efek samping yang berarti. Tak heran bila kemudian banyak artis ternama – antara lain artis Hollywood, Kim Kardashian - yang juga ikut menjalani akupunktur.

Beberapa manfaat akupunktur untuk kulit wajah, antara lain:

  1. Melancarkan aliran darah

Penelitian menunjukkan bahwa terapi akupunktur pada orang yang sehat dapat melancarkan aliran darah ke kulit dan otot. Bila aliran darah lancar maka kulit akan mendapat nutrisi serta oksigen yang cukup sehingga tetap sehat.

  1. Mencerahkan kulit wajah

Akupunktur dapat membantu menyamarkan noda di wajah, mencegah wajah tampak kusam, dan menjaga kulit tetap cerah.

  1. Menjaga kulit tetap kencang

Terapi akupunktur telah terbukti dapat menjaga elastisitas kulit. Hal ini terjadi karena akupunktur memicu pembentukan kolagen yang penting untuk menjaga kulit tetap kencang.

  1. Mencegah timbulnya garis keriput

Akupunktur dapat merelaksasi otot wajah sehingga dapat mencegah dan menyamarkan garis halus dan keriput di wajah. Dengan demikian, wajah Anda akan selalu tampak awet muda.

  1. Mencegah dan mengobati jerawat

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dapat menimbulkan banyak efek negatif. Bagi kulit wajah, gangguan keseimbangan hormon, terutama saat menjelang menstruasi, dapat memicu timbulnya jerawat. Akupunktur dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh sehingga masalah jerawat tidak akan menghantui Anda tiap bulannya.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Telah lama diketahui bahwa akupunktur dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Pada penderita insomnia, salah satu terapi yang sering dianjurkan adalah akupunktur. Dengan melakukan akupunktur, Anda akan memperoleh tidur yang berkualitas dan keesokan harinya dapat bangun dengan lebih semangat dan tentunya kulit yang segar.

Lakukan dengan aman

Sampai di sini mungkin Anda langsung tertarik ingin melakukan akupunktur wajah. Tapi sebelum melakukannya, Anda harus mengetahui syarat terapi akupunktur yang aman.

Menurut The National Institute of Health, akupunktur aman bila dilakukan oleh tenaga terlatih yang berpengalaman dengan menggunakan jarum yang steril. Jarum akupunktur harus dipastikan steril dan hanya boleh digunakan untuk sekali pemakaian.

Penggunaan jarum akupunktur yang tidak steril dan berulang-ulang berpotensi menimbulkan banyak masalah kesehatan pada kemudian hari. Banyak penyakit infeksi bisa tertular lewat penggunaan jarum tersebut, mulai dari yang ringan hingga berat seperti hepatitis B dan HIV. Jadi, sebelum Anda melakukan terapi akupunktur wajah, pastikan dulu keamanannya dan jarum Anda benar-benar steril.

Bagaimana, Anda tertarik untuk melakukan akupunktur? Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dan membuktikan manfaatnya pada kulit wajah Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar