Sukses

Tabir Surya, Cara Ampuh Cegah Penuaan Dini

Proses penuaan kulit tidak dapat dihentikan, tapi dapat diperlambat. Salah satunya adalah dengan menggunakan tabir surya secara rutin.

Klikdokter.com, Jakarta Terutama pada wanita, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah hal yang menyita banyak perhatian. Selain jerawat, penuaan dini merupakan salah satu masalah kulit yang juga kerap dikeluhkan oleh tak hanya wanita, namun juga pria.

Proses penuaan kulit seiring bertambahnya usia merupakan hal yang alami dan normal terjadi, tapi tidak begitu dengan penuaan dini. Penuaan dini merupakan proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat daripada proses penuaan pada tubuh itu sendiri. Tanda penuaan dini yang umumnya dapat ditemukan antara lain seperti munculnya garis tipis di sekitar sudut luar mata, sudut bibir, atau dahi.

Salah satu penyebab utama penuaan dini, selain faktor genetik, adalah paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Sinar UV mampu menembus lapisan kulit hingga ke lapisan epidermis, lalu merusak komponen penyusunnya, seperti protein yang menyusun serat kolagen dan elastin. Kerusakan kedua serat ini akan menyebabkan kulit menjadi kendur dan kehilangan elastisitasnya, sehingga kulit yang seharusnya kenyal dan bisa kembali ke bentuk semula, terganggu fungsinya.

Tak hanya paparan langsung saat Anda berada di luar ruangan, sinar UV yang terdiri dari UVA dan UVB juga tidak dapat dihindari saat Anda berada di dalam ruangan. Paparan UVA dalam durasi yang panjang dapat menyebabkan penuaan kulit dan munculnya noda hitam, sedangkan paparan UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan merusak melanin atau sel pigmen pada kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kulit tampak kusam.

Tangkal penuaan dini dengan tabir surya

Penuaan memang tidak bisa dihentikan, tapi bisa diperlambat. Khususnya dalam kasus penuaan dini, Anda bisa mencegahnya sebelum terjadi atau semakin memburuk. Salah satu cara mencegah penuaan dini akibat paparan sinar matahari adalah dengan rutin menggunakan tabir surya.

Penggunaan tabir surya dapat memantulkan sinar UV dari kulit, sehingga dapat membantu memproteksi kulit. Sebuah studi yang dimuat di jurnal Annals of Internal Medicine tahun 2013 juga menyebutkan bahwa dengan memakai tabir surya secara rutin setiap hari Anda dapat mencegah penuaan pada kulit.

Hal ini juga didukung dengan hasil pada penelitian lain di Queensland Institue of Medical Research, yang menemukan fakta bahwa pada kelompok yang menggunakan tabir surya setiap hari, mereka memiliki risiko penuaan dini yang lebih rendah hingga 24% dibandingkan dengan kelompok lain yang tidak menggunakan tabir surya.

Pemilihan dan cara penggunaan tabir surya

Di pasaran, terdapat dua jenis tabir surya dengan cara kerja yang berbeda, yaitu sunscreen dan sunblock. Keduanya dapat menjadi pilihan, karena perhatian utamanya adalah pemilihan sun protection factor (SPF) yang terkandung di dalamnya sebagai penentu tingkat perlindungan kulit yang dimiliki produk.

Anda dapat menggunakan tabir surya yang setidaknya mengandung SPF 15 untuk perlindungan yang optimal. Gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum keluar rumah agar tabir surya dapat meresap ke dalam kulit dengan baik, sehingga daya perlindungannya pun dapat efektif.

Ulangi penggunaan tabir surya setiap 2 jam agar kulit tetap terproteksi sepanjang hari, meskipun hanya berada di dalam ruangan. Anda juga dapat menyesuaikan formula tabir surya dengan jenis kulit Anda, misalnya losion yang lebih cair untuk kulit berminyak dan losion yang tinggi pelembab untuk kulit yang cenderung kering.

Jangan langsung putus asa saat menemukan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Rawat kulit Anda sesegera mungkin dari luar dan dalam. Untuk perlindungan dari dalam, Anda dapat mengonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, dan mencukupi asupan cairan. Sedangkan untuk perlindungan dari luar, jangan malas untuk menggunakan tabir surya secara rutin setiap hari.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar