Kesehatan Umum

4 Hal Ini Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

Tim Redaksi KlikDokter, 19 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jauhi empat kebiasaan ini agar daya tahan tubuh Anda tetap terjaga.

4 Hal Ini Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang prima merupakan dasar utama agar Anda terhindar dari penyakit. Apalagi bagi Anda yang bekerja sepanjang hari, sangatlah penting untuk memiliki tubuh yang sehat. Namun tanpa disadari, ternyata banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Apa sajakah?

1. Kurang Waktu Tidur

Kualitas tidur yang baik tidak hanya soal durasi saja. Melainkan apakah Anda terbangun atau tidak saat tidur, dan merasa segar saat bangun tidur atau tidak. Berdasarkan penelitian, orang yang kualitas tidurnya baik memiliki parameter nilai kekebalan tubuh yang lebih tinggi.

Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang kualitas tidurnya buruk, terutama durasi tidur yang kurang. Mereka memiliki parameter kekebalan tubuh yang lebih rendah, serta lebih rentan terhadap penyakit seperti flu, gangguan mood, dan masalah konsentrasi.

2. Duduk Terlalu Lama

Mungkin Anda sedikit bingung, apa hubungan antara duduk terlalu lama dan daya tahan tubuh? Kurangnya aktivitas fisik sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Jika Anda duduk lebih lama, berarti Anda lebih sedikit bergerak apalagi berolahraga.

Berdasarkan penelitian dari British Journal of Sports Medicine, infeksi saluran pernapasan atas berlangsung lebih lama 42% pada orang yang hanya berolahraga seminggu sekali, dibandingkan dengan orang yang berolahraga hingga 5 kali dalam seminggu.

3. Stres

Stres pikiran—baik akibat mengejar deadline, urusan percintaan, atau yang lainnya—sudah terbukti dapat membuat seseorang mudah sakit. Hal ini dikarenakan stres memicu respons di tubuh yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Ketika Anda stres, produksi hormon kortisol akan meningkat banyak sehingga sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel T dan B, menjadi rusak. Alhasil, tubuh Anda menjadi rentan terhadap penyakit-penyakit.

4. Minum Alkohol

Akhir pekan memang selalu dinanti-nanti. Tak jarang, menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman sambil menikmati bir dingin menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Namun, tetaplah berjaga-jaga. Minum alkohol terlalu berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama (kronik) dapat mengurangi fungsi sel darah putih. Untuk diketahui, sel darah putih merupakan senjata utama bagi kekebalan tubuh manusia.

Selain dengan mengubah empat kebiasaan tersebut, Anda juga harus lebih memperhatikan pola makan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Konsumsilah makanan yang kaya vitamin C setiap hari, yang dapat Anda peroleh dari  sebagian besar buah-buahan dan sayuran.

Mengapa vitamin C sangat penting? Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin ini juga dapat mencegah kanker, mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, serta menjaga kesehatan jantung.

Asupan vitamin C tak hanya dapat diperoleh dari makanan. Namun juga melalui suplementasi makanan.

Salah satu suplemen vitamin C yang dapat Anda coba adalah Airborne. Dikombinasikan dengan sepuluh vitamin, mineral, bahan alami, dan kandungan 1000 mg vitamin C, Airborne membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat Anda membutuhkannya. Airborne cocok untuk dikonsumsi oleh anak berusia 15 tahun ke atas dan orang dewasa.

Dengan daya tahan tubuh yang baik, Anda pun dapat menjadi lebih aktif dan semangat dalam menjalankan aktivitas.

[RS/ RH]

Advertorialkekebalan Tubuhvitamin Cdaya tahan tubuh

Konsultasi Dokter Terkait