Sukses

Hamil Kembar Tetap Sehat dengan Konsumsi Ini

Ibu hamil kebar perlu memperhatikan asupan makanannya. Kita simak makanan untuk ibu hamil kembar guna menunjang kebutuhan nustrisinya di sini.

Sungguh bahagia bila mendapat kabar Anda tengah hamil kembar. Tidak hanya satu, melainkan dua sumber kebahagiaan akan hadir di rumah Anda!

Wajar ketika Anda merasa sedikit khawatir dan cemas saat hamil anak kembar, misalnya mengenai kebutuhan nutrisi. Nutrisi untuk ibu hamil kembar tidak sepenuhnya berbeda dari ibu hamil tunggal, hanya tentu saja kebutuhannya lebih besar dan banyak.

Beberapa makanan untuk ibu hamil kembar perlu dikonsumsi rutin dan dalam porsi yang cukup. Hal ini penting demi menunjang kesehatan dua janin di dalam kandungan.

Tak perlu bingung, berikut ini daftar makanan ibu hamil kembar yang patut dimasukkan dalam pola makan harian:

1 dari 9 halaman

1. Daging Sapi

Salah satu kondisi yang umum terjadi pada kehamilan adalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Salah satu penyebab anemia pada kehamilan yang umum adalah rendahnya kadar zat besi di dalam tubuh. 

Mengingat ada dua janin yang membutuhkan kesiapan sel darah merah ibu, pastikan ibu mengonsumsi makanan sumber zat besi dalam jumlah cukup. Salah satu sumber zat besi yang tinggi adalah daging sapi. 

Kadar protein yang tinggi di dalam daging sapi juga sangat baik untuk menunjang pertumbuhan janin saat hamil kembar.

Artikel lainnya: Anak Kembar Bisa Beda Ayah, Ini Penyebabnya!

2 dari 9 halaman

2. Nasi Merah

Anda tidak harus menghindari nasi putih. Namun, nasi merah juga dapat menjadi opsi makanan yang lebih baik untuk ibu hamil kembar. Nasi merah tidak melulu menjadi makanan diet, kok!

Nasi merah sangat baik untuk dijadikan menu makanan untuk ibu hamil kembar. Bagaimana tidak, nasi merah mengandung serat dalam jumlah yang cukup tinggi. 

Kandungan tersebut dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga bumil tidak mudah merasa mual dan ingin muntah. Serat yang cukup juga membantu ibu hamil mudah buang air besar.

Selain itu, nasi merah juga mengandung mikronutrien seperti zat besi, kalsium, serta vitamin B1 dan B2. Wah, jelas, ya, kalau nasi merah cocok dijadikan menu sehat bagi ibu yang hamil kembar!

3 dari 9 halaman

3. Susu dan Produk Turunannya

Janin akan sangat bergantung pada asupan kalsium dari ibunya. Kalsium diperlukan dalam jumlah yang besar untuk pembentukan tulang dan kerja jantung yang normal.

Ketika hamil bayi kembar, pastikan asupan kalsium Anda tercukupi, mengingat ada dua janin yang sedang membutuhkan kalsium dalam jumlah yang tidak sedikit. 

Pastikan bumil mengonsumsi banyak asupan tinggi kalsium, contohnya susu. Produk turunan susu lainnya seperti keju dan yoghurt juga kaya akan kalsium.

4 dari 9 halaman

4. Kacang-Kacangan

Kebutuhan akan protein yang tinggi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika hamil kembar. Selain protein hewani, ibu juga bisa memasukkan sumber protein nabati sebagai alternatif menu untuk menghindari rasa jenuh akan protein hewani.

Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral, yang akan mencukupi kebutuhan harian ibu hamil.

Artikel lainnya: Mitos Seputar Anak Kembar yang Tak Perlu Dipercaya

5 dari 9 halaman

5. Telur

Telur juga mengandung cukup banyak nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil, lho! Makanan ibu hamil kembar ini mengandung kesembilan jenis asam amino esensial, yaitu jenis asam amino yang harus diperoleh dari makanan. 

Telur jelas menjadi sumber protein lengkap yang sangat baik. Tidak hanya itu, telur juga mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang ibu hamil. 

Berbagai zat gizi di dalam telur lainnya antara lain asam lemak omega 3, vitamin A, vitamin E, karoten, betain, kolin, dan sebagainya. Nah, kolin disebut-sebut penting untuk pertumbuhan jaringan otak janin, sehingga menjadi salah satu nutrisi untuk ibu hamil kembar yang wajib dipenuhi.

6 dari 9 halaman

6. Bayam

Bayam dapat menjadi salah satu menu sayur yang baik untuk ibu hamil anak kembar, karena asam folat di dalamnya. Asam folat dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi terutama di awal kehamilan. 

Zat gizi yang satu itu berperan besar dalam pembentukan sistem saraf. Kecacatan sistem saraf dapat terjadi akibat kekurangan asam folat.

Tidak hanya asam folat, bayam juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil kembar karena mengandung zat besi, vitamin C, kalsium, dan lain-lain. 

7 dari 9 halaman

7. Apel

Bingung mencari buah yang bagus untuk ibu hamil kembar? Sebenarnya buah apa saja cocok untuk ibu hamil kembar. Sebab, konsumsi beragam buah membuat kita memperoleh berbagai macam zat gizi. 

Tidak ada satu buah yang dapat memberi seluruh jenis mikronutrien. Maka, pastikan Anda mengonsumsi berbagai jenis buah, ya.

Nah, apel bisa menjadi salah satu buah yang cukup bagus dikonsumsi ibu hamil bayi kembar. Bagaimana tidak, apel mengandung tinggi vitamin C, kolin, magnesium, kalsium, kalium, dan kaya akan serat. 

Serat akan mencegah sembelit, yaitu masalah sulit buang air besar yang kerap terjadi pada ibu hamil.

Artikel lainnya: Perubahan pada Tubuh Setelah Melahirkan Anak Kembar

8 dari 9 halaman

8. Ikan Salmon

Apakah Anda mencari sumber protein selain daging sapi? Ikan salmon bisa menjadi pilihan alternatif makanan untuk ibu hamil kembar yang kaya protein.

Ikan salmon sangat populer dikonsumsi saat hamil karena kandungan omega 3 yang begitu tinggi. Asupan omega-3 yang cukup membantu pertumbuhan sel otak yang baik. 

Ikan salmon juga kaya akan berbagai nutrisi lain, salah satunya selenium. Selenium berperan penting dalam pembentukan DNA dan pengaturan hormon.

Demikianlah beberapa makanan ibu hamil kembar yang menyehatkan. Di luar daftar di atas, masih banyak lagi makanan untuk ibu hamil kembar yang bergizi. 

Justru sangat baik bila bumil bisa mengonsumsi beragam makanan untuk memastikan kebutuhan zat nutrisi tercukupi. Selamat menjalani kehamilan kembar dengan sehat, ya!

Bumil, yuk, download aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan beragam info lengkap seputar kehamilan kembar. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter kandungan via Live Chat, lho.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar