Sukses

Makanan Sehat yang Ternyata Menyimpan Bahaya bagi Tubuh

Alih-alih memilih makanan sehat, secara tak sengaja mungkin Anda malah membahayakan program diet Anda. Cek kembali makanan pilihan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Tren makanan sehat boleh saja makin marak belakangan ini.  Semakin banyak juga kelompok masyarakat yang peduli pada asupan makanan sehari-hari  yang dianggap lebih sehat demi mendapatkan kondisi tubuh yang bugar dan kuat.

Sayangnya, ada beberapa hal yang kerap dilupakan sehingga pilihan  makanan yang tampak sehat ternyata malah memberi efek kurang menguntungkan bagi tubuh. Seperti apakah?

Protein bar

Banyak orang memilih protein bar sebagai alternatif cemilan yang tampaknya lebih sehat dan rendah kalori. Namun para ahli gizi menyatakan bahwa ada juga sejenis produk protein bar yang ternyata ‘menyimpan dusta’.

Jenis makanan ini tak lebih dari sebatang permen yang ditambahkan vitamin dan protein. Ini karena kandungan gula, karbohidrat, kalori, dan lemaknya cukup tinggi.  Bahkan tidak jauh berbeda dengan sepotong brownies cokelat.

Coba cek nilai nutrisinya. Bila kandungan proteinnya dan seratnya rendah dan kandungan gulanya lebih tinggi, mungkin Anda sama saja seperti sedang mengonsumsi kue manis. 

Buah kering

Hindari mengonsumsi buah kering dalam jumlah yang berlebihan seperti layaknya makan kacang kulit. Ini sama saja seperti Anda sedang memasukkan tambaham 100 kalori ekstra tiap ¼ porsinya.

Dibandingkan buah kering yang tinggi gula, ahli gizi menyarankan Anda untuk mengonsumsi buah segar atau buah yang telah dibekukan.

Yogurt

Yogurt memang merupakan pilihan makanan sehat karena kaya protein, kalsium, dan vitamin D. Namun, beberapa merek tertentu juga memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi yang tidak kalah dengan sebuah donat.

Untuk menghindari hal tersebut, pilih yogurt rendah lemak dan tanpa rasa (plain) atau yang paling rendah kadar gulanya sebagai makanan sehat Anda.

Selai kacang rendah lemak

Kandungan lemak yang dikurangi dari selai kacang biasanya akan dikompensasi dengan tambahan gula agar rasanya tetap enak. Dengan demikian, kalori yang terkandung dalam selai kacang rendah lemak akan sama saja dengan selai kacang berkandungan lemak normal.

Jadi, pilihan selai kacang berkandungan lemak normal pun tak masalah.  Asalkan selai kacang ini dikonsumsi dalam porsi terbatas. Sedikit saja selai kacang bisa membuat Anda lebih kenyang. Sehingga Anda tak perlu mengonsumsinya dalam porsi besar bukan?

Bumbu salad bebas lemak

Bumbu salad memang terlihat sehat dengan label ‘bebas lemak’ yang menempel pada kemasannya. Namun  sebenarnya, bumbu macam ini biasanya juga tinggi garam atau sodium yang kurang baik bagi tekanan darah Anda.

Dua sendok makan bumbu salad terkadang bisa mengandung 500 mg garam. Ini setara dengan sepertiga dari total jumlah garam yang boleh dikonsumsi dalam anjuran porsi garam harian.

Sushi

Sushi memang terlihat berukuran kecil. Namun bisa jadi terdiri dari bahan-bahan yang dapat membuat ukuran pinggang Anda melebar. Pilihan sehat sushi adalah yang banyak mengandug bahan segar dan sayuran. 

Hindari isian atau pilihan sushi yang digoreng, dibalut tepung seperti tempura,  diberi remah-remah gorengan yang renyah atau bumbu berlemak seperti krim keju, lelehan keju dan mayones, serta aneka topping yang gurih yang tinggi sodium serta gula.

Nah, jangan mudah tergoda. Mulai sekarang, berhati-hati juga dengan pilihan makanan sehat Anda. Jangan sampai salah pilih dan merugikan Anda, ya.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar