Sukses

Badan Lemas Usai Olahraga, Ini Sebabnya

Badan lemas setelah olahraga? Ketahui penyebabnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap orang dianjurkan melakukan olahraga minimal 20 menit per hari. Bila melakukan olahraga secara rutin, ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan.

Beberapa manfaat tersebut yaitu dapat menjaga kesehatan jantung dan paru, memiliki berat badan ideal, serta mencegah penyakit seperti diabetes melitus. Selain itu, sebagian orang melakukan olahraga dengan harapan dapat meningkatkan energi di dalam tubuh.

Meski memberikan segudang manfaat, banyak pula orang yang justru mendapatkan masalah kesehatan akibat olahraga, seperti badan lemas. Berikut ini beberapa penyebab dari kondisi tersebut:

  • Kurang pemanasan

Kurang pemanasan dapat meningkatkan kemungkinan badan lemas setelah olahraga. Pemanasan sangat diperlukan sebagai persiapan tubuh sebelum melakukan aktivitas olahraga yang membutuhkan energi lebih. Selain itu, melakukan pendinginan setelah olahraga juga sangat penting.

  • Minim asupan cairan

Gangguan keseimbangan cairan dapat menyebabkan tubuh mudah lelah. Saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan berupa keringat. Jika tidak mencukupi asupan cairan saat sebelum, selama, dan setelah olahraga, maka dapat menimbulkan perasaan lemas setelah olahraga.

Ketidakseimbangan antara cairan yang masuk dan keluar dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Karena itu, Anda perlu mengonsumsi cairan sekitar tiga gelas, sejak tiga jam sebelum berolahraga. Saat berolahraga, Anda perlu mengonsumsi satu gelas air setiap 20 menit. Kemudian, Anda sebaiknya mengonsumsi sekitar tiga gelas air per penurunan 0,5 kg berat badan badan, setelah berolahraga.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Asupan gizi yang kurang

Kurangnya asupan gizi yang sesuai merupakan salah satu penyebab berbagai masalah setelah olahraga, salah satunya badan lemas. Anda harus mencukupi asupan protein, karbohidrat, dan lainnya dalam keseharian, agar dapat memenuhi kebutuhan energi saat olahraga.

Selain itu, mendapatkan asupan makanan sebelum dan setelah olahraga sangat penting, guna mengganti kalori dan nutrisi yang dipakai saat olahraga. Anda bisa mengonsumsi makan kecil yang mengandung karbohidrat satu jam sebelum berolahraga.

Jika berencana olahraga kurang dari satu jam, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti roti. Bila akan berolahraga lebih dari satu jam, Anda perlu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, seperti pisang. Sekitar 30 menit setelah olahraga, Anda bisa mengganti energi yang keluar dengan makanan ringan yang mengandung protein dan karbohidrat, seperti yoghurt dan buah-buahan.

  • Sudah lama tidak olahraga

Badan lemas setelah olahraga juga bisa timbul, karena sudah lama tidak olahraga dan secara tiba-tiba melakukan olahraga secara rutin kembali. Untuk menyesuaikan diri, Anda sebaiknya meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap. Durasi olahraga dan tingkat intensitas olahraga sangat penting untuk diperhatikan.

  • Olahraga terlalu berat

Olahraga terlalu berat, tidak menyisihkan waktu untuk istirahat, dan tidak mencukupi asupan cairan, jelas dapat menimbulkan rasa lemas setelah olahraga. Anda harus melakukan olahraga dengan cara yang proporsional sesuai dengan kemampuan. Untuk mengetahuinya, Anda dapat bertanya kepada instruktur olahraga yang kompeten.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan badan lemas usai olahraga. Jika badan masih lemas padahal sudah memenuhi faktor-faktor di atas, maka ada kemungkinan terdapat masalah kesehatan yang lain. Berkaitan dengan hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

[BA/ RVS]

1 Komentar

  • Limin Lomo

    dok maaf ini perna saya mimpi di suru minum rebusan daun mangga,pertanyaan saya apa manfaat daun mangga