Sukses

Ampuhkah Minyak Jarak untuk Memanjangkan Bulu Mata?

Minyak jarak dipercaya dapat menumbuhkan rambut, termasuk memanjangkan bulu mata. Apakah benar-benar ampuh?

Berbagai cara memanjangkan bulu mata sering dilakukan wanita, misalnya dengan eyelash extensions. Namun ternyata, ada bahan alami di sekitar kita yang dapat digunakan demi aset kecantikan yang satu ini, yaitu minyak jarak atau castor oil. Apakah manfaat minyak jarak untuk bulu mata memang benar-benar ampuh? 

Seputar Minyak Jarak

Minyak jarak adalah minyak nabati yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak (Ricinus communis), dalam bidang farmasi dikenal juga sebagai minyak kastroli. Khasiat minyak jarak sudah banyak dipercaya sebagai penumbuh rambut.

Lalu, apakah minyak jarak juga dapat digunakan untuk memanjangkan bulu mata? Jawabannya, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa minyak jarak dapat membantu pertumbuhan bulu mata.

Akan tetapi, terdapat bukti bahwa manfaat minyak jarak dapat membantu mengembalikan rambut yang rontok karena kandungan asam risinoleat di dalamnya. 

Studi lainnya memperlihatkan bahwa asam risinoleat dapat membantu menghalangi protein prostaglandin D2, salah satu faktor penghambat pertumbuhan rambut, dan berpotensi membuat rambut kepala tumbuh kembali.

Walaupun masih membutuhkan penelitian tambahan, tidak ada salahnya menggunakan minyak yang satu ini sebagai cara memanjangkan bulu mata secara alami. Siapa tahu benar-benar berhasil, kan?

Artikel Lainnya: 4 Cara Jitu Bikin Bulu Mata Lebat dan Lentik

1 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Minyak Jarak untuk Bulu Mata

Menggunakan minyak jarak dapat menjadi salah satu cara memanjangkan bulu mata alami. Minyak yang digunakan sebaiknya minyak jarak murni. Karena biasanya minyak jarak yang sudah ditambahkan minyak atau bahan lainnya dapat memicu iritasi, serta tidak memberikan hasil yang maksimal. 

Ada dua jenis minyak jarak yang sering digunakan untuk kecantikan, yaitu minyak jarak cold-pressed dan minyak jarak hitam Jamaika. Keduanya mengandung sifat yang sama-sama menguntungkan untuk pertumbuhan bulu mata.

Sehari sebelum perawatan bulu mata, oleskanlah minyak jarak ke bagian lain dari kulit Anda, seperti lengan bagian dalam atau belakang telinga. Perhatikan reaksi kulit Anda, jika tidak mengalami iritasi kulit, artinya minyak tersebut aman digunakan untuk bulu mata. 

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Kesehatan

Agar memperoleh manfaat minyak jarak secara optimal, berikut langkah-langkah dalam mengaplikasikan minyak jarak ke bulu mata yang dapat Anda ikuti:

  • Pastikan bulu mata bersih dan bebas dari kosmetik.
  • Waktu terbaik untuk menggunakannya adalah pada malam hari sebelum tidur.
  • Tuangkan sedikit minyak jarak ke cotton bud.   
  • Dengan keadaan mata tertutup rapat, usapkan cotton bud dengan hati-hati ke sepanjang garis bulu mata bagian atas. Jangan sampai minyak tersebut masuk ke dalam mata karena dapat mengiritasi. Bila sudah telanjur, segeralah cuci mata dengan air mengalir.
  • Oleskan secara merata hingga seluruh bulu mata atas dan bawah terlapisi oleh minyak jarak. 
  • Diamkan semalaman.
  • Bersihkan minyak jarak pada pagi hari dengan air atau pembersih khusus kosmetik.

Artikel Lainnya: Mau Extension Bulu Mata? Baca Ini Dulu

2 dari 3 halaman

Bahan Alternatif Lainnya untuk Panjangkan Bulu Mata

Selain minyak jarak, beberapa resep rumahan lainnya juga dapat Anda gunakan sebagai cara memanjangkan bulu mata secara alami, di antaranya:

  • Olive oil
  • Petroleum jelly
  • Teh hijau
  • Lidah buaya
  • Kemiri

Memang belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahan-bahan tersebut efektif dan aman. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba sebagai cara memanjangkan bulu mata secara alami. 

Jika ingin yang sudah pasti efektif dan aman, Anda dapat mencoba Latisse. Obat pemanjang bulu mata ini telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat.

Bahan aktif di dalamnya, bimatoprost, merupakan senyawa yang berasal dari asam lemak yang diyakini dapat mengaktifkan pertumbuhan folikel rambut. Jika Anda memang tertarik dengan Latisse, Anda dapat langsung menemui dokter karena ini termasuk obat resep.

Kini, Anda telah mengetahui cara memanjangkan bulu mata dengan minyak jarak dan bahan-bahan alami lainnya. Mendapatkan bulu mata yang lebat dan lentik memang membutuhkan kesabaran. Hasilnya baru akan terlihat 3-6 bulan setelah Anda rutin menggunakan bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas.

Sebelum mencoba atau membuktikan langsung manfaat minyak jarak, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit untuk mendiskusikan cara terbaik mendapatkan bulu mata yang Anda idam-idamkan. 

[WA/RS]

0 Komentar

Belum ada komentar