Sukses

Kiat Menjaga Kesehatan Tenggorokan di Musim Pancaroba

Untuk mencegah radang akibat berbagai penyakit infeksi di musim pancaroba, Anda perlu tahu tips menjaga kesehatan tenggorokan berikut ini!

Saat musim pancaroba, biasanya tubuh relatif rentan terserang berbagai penyakit, misalnya demam berdarah, flu, diare, dan nyeri tenggorokan akibat radang. Karena itu, di pergantian musim seperti saat pancaroba, penting untuk selalu menjaga kesehatan tenggorokan.

Kesehatan di Musim Pancaroba

Pada musim pancaroba, cuaca biasanya tidak stabil. Suhu lingkungan dapat berubah drastis sehingga tubuh harus beradaptasi dengan kondisi ini.

Selain itu, saat musim pancaroba, kuman pembawa penyakit dapat berkembang biak dengan cepat. Inilah yang menyebabkan tubuh lebih rentan mengalami penyakit. Salah satu yang tersering adalah nyeri tenggorokan.

Saat seseorang mengalami masalah tenggorokan, umumnya gejala yang dialami adalah nyeri saat menelan, tenggorokan terasa kering dan gatal, serta dapat disertai batuk.

Beberapa gejala lain yang dapat muncul saat mengalami gangguan tenggorokan adalah sebagai berikut ini.

  1. Pilek dan hidung tersumbat.
  2. Hidung berair.
  3. Sakit kepala.
  4. Rasa lelah.
  5. Rasa pegal di otot.
  6. Demam (dengan suhu tubuh bervariasi).

Gejala-gejala di atas umumnya terjadi bila masalah tenggorokan disertai dengan infeksi bakteri atau virus. Gejala di atas tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lebih jauh lagi, masalah tenggorokan dapat menimbulkan masalah saat makan dan berujung pada kekurangan cairan (dehidrasi) akibat asupan cairan yang berkurang.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

1 dari 2 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan di Musim Pancaroba

Nyeri tenggorokan bisa sangat mengganggu produktivitas Anda. Namun, jangan khawatir, beberapa tips berikut dapat membantu menjaga kesehatan tenggorokan selama musim pancaroba:

  • Penuhi Kebutuhan Cairan

Cairan sangat penting untuk tubuh, termasuk dalam menjaga kesehatan tenggorokan.

Karena itu, salah satu cara mencegah radang tenggorokan adalah menjaga asupan cairan setiap hari. Usahakan minum air putih setidaknya 2 liter setiap hari.

  • Rajin Cuci Tangan

Tahukah Anda, telapak tangan dapat menjadi sarang banyak kuman penyebab penyakit, termasuk radang tenggorokan?

Jadi, salah satu cara menjaga kesehatan tenggorokan saat musim pancaroba adalah rajin cuci tangan.

Gunakan sabun dan air mengalir, lalu lakukan langkah cuci tangan dengan benar. Bila dilakukan dengan benar, cuci tangan dapat mencegah berbagai penyakit, khususnya penyakit infeksi.

  • Hindari Polusi Udara

Nyeri tenggorokan juga dapat terjadi akibat terpapar asap atau polusi udara. Karena itu, sedapat mungkin hindari polusi saat bepergian. Gunakan masker ketika ke luar rumah.

  • Berhenti Merokok

Rokok dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan gangguan tenggorokan.

Tak hanya itu, rokok juga jadi salah satu pencetus utama kanker di area tenggorokan! Bila Anda masih merokok, sudah saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Artikel Lainnya: 10 Tanda Radang Tenggorokan yang Berbahaya

  • Hindari Kontak dengan Orang yang Sakit

Penyakit di area tenggorokan sangat mudah menular, terutama saat penderitanya batuk dan bersin. Karena itu, hindari kontak dengan orang yang sedang sakit tenggorokan.

Sebaliknya, bila Anda sedang mengalami masalah tenggorokan, gunakan masker dan minta izin tidak bekerja kalau memungkinkan.

  • Hindari Bertukar Alat Makan

Berbagai penyakit – termasuk infeksi tenggorokan – dapat ditularkan dengan mudah saat Anda bertukar alat makan dengan orang lain.

Hal lain yang juga dapat menyebabkan infeksi tenggorokan adalah berbagi makanan dari penderita yang punya masalah tenggorokan.

Untuk mencegah radang, hindari bertukar makanan atau alat makan dengan orang lain.

  • Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu sel tubuh melawan infeksi, termasuk masalah tenggorokan. Pastikan Anda selalu mengonsumsi buah dan sayur setiap hari.

  • Cukup Istirahat

Satu lagi yang tak kalah penting dalam tips menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah istirahat cukup.

Saat istirahat, tubuh akan mengalami regenerasi, menekan stres, serta membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Pastikan Anda tidur minimal 6-8 jam tiap hari.

Musim pancaroba memang sulit dihindari. Akan tetapi, Anda tetap dapat mencegah berbagai penyakit yang sering muncul dengan melakukan berbagai tips di atas.

Bila dilakukan secara teratur, tips-tips di atas tak hanya dapat menjaga kesehatan tenggorokan, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lakukan konsultasi dengan dokter seputar gangguan pada tenggorokan lewat LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

1 Komentar