Sukses

6 Kiat Sukses Melahirkan Bayi Kembar Secara Normal

Mengandung bayi kembar memiliki sejumlah risiko. Bagaimana kiat agar melahirkan bayi kembar dengan lancar dan sehat?

Banyak orang yang ingin memiliki kehamilan kembar. Padahal, di dalam dunia medis, kehamilan kembar termasuk dalam kondisi berisiko tinggi. Mengapa demikian?

Kehamilan kembar berisiko menyebabkan berbagai komplikasi, seperti kontraksi dini, kelahiran prematur, berat lahir bayi rendah, perdarahan hebat setelah melahirkan, dan kondisi lainnya.

Agar dapat melahirkan bayi kembar dengan normal dan sukses, ada beberapa cara atau tips yang perlu diperhatikan calon orangtua. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Periksa Kehamilan Rutin ke Dokter

Kontrol rutin ke dokter kandungan,sangat penting dilakukan selama masa kehamilan, apalagi jika ibu sedang mengandung janin kembar. Sebab, saat kontrol rutin, dokter dapat menilai kondisi ibu maupun janin, serta mendeteksi dini berbagai komplikasi yang mungkin terjadi selama kehamilan.

Pemeriksaan rutin ke dokter kandungan sangatlah diperlukan untuk memastikan kondisi ibu dan janin sehat selama masa kehamilan. Jika ditemukan adanya masalah kehamilan, dokter akan segera melakukan penanganan terhadap kondisi tersebut.

Dengan demikian dokter juga dapat merencanakan persalinan, baik melahirkan normal atau operasi caesar.

2. Memastikan Nutrisi Ibu Terpenuhi

Ibu harus mendapatkan nutrisi kehamilan yang cukup saat hamil. Hal ini bertujuan untuk pembentukan janin yang sehat serta memenuhi kebutuhan nutrisi ibu sendiri.

Apalagi, di kondisi hamil kembar, kebutuhan nutrisi ibu jadi lebih banyak karena bayi yang hidup di dalam kandungan lebih dari satu. Kurangnya nutrisi selama hamil akan menyebabkan bayi memiliki berat lahir rendah.

Maka itu, penting bagi ibu untuk menjaga nutrisi selama kehamilan, baik dari segi jumlah maupun kualitas makanan.

Artikel Lainnya: Tanda dan Gejala Kehamilan Kembar yang Jarang Disadari

2 dari 4 halaman

3. Konsumsi Vitamin dan Mineral Penting saat Hamil

Suplemen vitamin atau mineral sangat diperlukan untuk mencegah berbagai komplikasi selama masa kehamilan.

Misalnya saja, suplemen asam folat diperlukan untuk mencegah janin mengalami penyakit neural tube defek. Lalu, suplemen zat besi diperlukan untuk mencegah ibu terkena anemia. Sedangkan kalsium, diperlukan untuk pembentukan tulang janin.

Selain itu berbagai vitamin dan mineral lain juga diperlukan untuk mengoptimalisasi kondisi kehamilan kembar.

4. Pemeriksaan Penunjang Berkala Sesuai Indikasi

Selama hamil, ibu perlu menjalani beberapa pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan ultrasonografi (USG), pemeriksaan darah, urin, dan pemeriksaan lain sesuai indikasi.

Jika ibu kontrol rutin ke dokter kandungan, pemeriksaan-pemeriksaan penting ini tidak akan terlewati guna memastikan kondisi kehamilan Anda baik-baik saja.

Terlebih, saat kondisi hamil kembar, ada beberapa risiko yang membuat dokter jadi lebih waspada terhadap kemungkinan komplikasi. Alhasil, pemeriksaan penunjang selama  kehamilan itu penting dan harus rutin dilakukan.

Artikel Lainnya: Inilah 5 Tanda Anda Hamil Bayi Kembar

3 dari 4 halaman

5. Mencegah Infeksi Saluran Kemih dan Keputihan

Secara alami, kehamilan kembar berisiko menyebabkan kontraksi dan kelahiran prematur. Untuk itu, faktor lain yang berpotensi menyebabkan kontraksi prematur seperti infeksi saluran kemih dan keputihan harus dicegah.

Caranya, ibu harus menjaga kebersihan daerah genital dan anus selama masa  kehamilan. Apabila terdapat infeksi, maka dokter akan segera melakukan pengobatan untuk mencegah komplikasi prematuritas.

6.Olahraga dan Senam Hamil

Olahraga dan senam hamil adalah salah satu cara penting agar bisa melahirkan kembar secara normal. Senam dan olahraga penting untuk membantu kelancaran proses melahirkan kembar.

Pasalnya, melahirkan bayi kembar akan lebih sulit dan banyak tantangannya dibandingkan dengan bayi tunggal. Itulah sebabnya olahraga selama kehamilan dan senam hamil tidak boleh disepelekan.

Kini Anda telah mengetahui enam cara sukses melahirkan bayi kembar secara normal. Apabila ingin tahu informasi lebih lanjut tentang kehamilan atau kelahiran kembar, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar