Sukses

7 Cara Alami Mengatasi Insomnia

Beberapa cara alami berikut ini dipercaya dapat mengatasi insomnia. Cek selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Tidur adalah bagian penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, tidak semua orang bisa tidur dengan mudah, terutama mereka yang mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur. Insomnia dapat berlangsung selama beberapa hari hingga berminggu-minggu. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu bagaimana mengatasi insomnia, tentunya dengan cara alami.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi insomnia:

1. Susu hangat dan madu

Susu hangat dan madu adalah kombinasi yang baik untuk membuat tidur Anda lebih cepat. Susu mengandung triptofan, yakni asam amino yang merangsang keinginan untuk tidur dan meningkatkan jumlah serotonin, hormon yang berfungsi sebagai obat penenang alami.

Sementara, karbohidrat pada madu membantu mentransmisikan hormon itu ke otak lebih cepat. Selain menggunakan madu, Anda juga dapat mencoba susu dengan pisang untuk mendapatkan vitamin B6, yang membantu mengubah triptofan menjadi serotonin.

2. Menggunakan metode Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

Cognitive Behavioral Therapy (CBT) fokus untuk mengubah pikiran yang memicu depresi dan stres. CBT membantu mengubah perilaku Anda sekaligus mengatasi masalah insomnia yang Anda alami.

Sebuah penelitian menemukan bahwa CBT dapat melatih tubuh dan pikiran untuk tidur yang lebih cepat dan lebih dalam. Penelitian yang dilakukan di Harvard University meneliti 63 orang penderita insomnia, dan menemukan bahwa CBT lebih efektif daripada obat tidur. Cara ini dapat memperbaiki kualitas tidur hingga 17 %.

3. Ciptakan lingkungan yang nyaman

Lingkungan tidur yang tenang adalah sesuatu yang penting untuk mereka yang menderita insomnia. Jauhkan semua perangkat elektronik dari tempat tidur Anda. Bunyi notifikasi yang dikeluarkan dari gawai adalah salah satu hal yang bisa menganggu siklus tidur Anda.

Pastikan kamar Anda adalah lingkungan terbaik untuk tidur nyenyak. Atur suhu ruang tidak terlalu dingin tapi juga tidak terlalu panas.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Kelola stres dengan olahraga

Jika kegelisahan membuat Anda tetap terjaga di malam hari, cobalah yoga, meditasi, atau menulis sebelum tidur. Tai chi juga bisa menjadi alternatif olahraga yang bisa merangsang Anda untuk tidur sekaligus meredakan stres.

Menurut sebuah penelitian di Oregon Research Institute, rutin melakukan tai chi tepat sebelum tidur dapat membantu seseorang untuk tidur 18 menit lebih cepat dan mempertahankan tidur nyenyak selama 48 menit.

5. Melakukan aktivitas yang menenangkan

Salah satu obat insomnia yang paling mudah adalah membuat waktu tidur dan bangun yang sama setiap hari. Untuk mencapainya,  mendengarkan musik atau membaca sebelum tidur adalah beberapa aktivitas yang dapat membantu menenangkan otak.

Dalam sebuah penelitian di Taiwan, ternyata musik dapat membantu 60 orang yang memiliki masalah tidur  untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.  

6. Mandi air panas

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Sleep menemukan bahwa wanita dengan insomnia yang mandi air panas sekitar 90 sampai 120 menit akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak mandi dengan air panas. Suhu air yang ideal untuk mandi disebutkan berkisar di antara 36-39 derajat celcius.

7. Minum air kelapa

Meminum air kelapa murni dapat membebaskan Anda dari masalah tidur di malam hari. Sebab, air kelapa memiliki kandungan potasium dan magnesium yang dapat membantu merelaksasi otot-otot.

Selain itu, air kelapa murni juga mengandung vitamin B yang berfungsi untuk membantu menurunkan stres, sehingga tubuh merasa lebih tenang. Ketika otot-otot tubuh terasa relaks, Anda akan lebih cepat terlelap. Sehingga Anda pun bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Nah, itulah beberapa cara yang dipercaya dapat mengatasi masalah insomnia secara alami. Dengan terbebas dari insomnia, maka kesehatan dan performa Anda dalam pekerjaan pun akan menjadi lebih baik. Imbangi istirahat yang cukup dengan konsumsi makanan yang bergizi. Selamat mencoba.

[NP/ RVS]

3 Komentar