Sukses

Sedang Demam, Mengapa Lidah Terasa Pahit?

Demam dapat membuat lidah terasa pahit. Mengapa hal ini terjadi?

Klikdokter.com, Jakarta Demam merupakan penyakit dengan segudang keluhan, mulai dari badan lemas, sakit kepala, hingga terus merasa ngantuk. Namun, yang menjadi keluhan paling menyebalkan dari penyakit ini adalah penurunan nafsu makan akibat lidah terasa pahit.

Demam merupakan respons terhadap suatu proses peradangan yang sedang berlangsung di dalam tubuh. Orang dewasa dikatakan demam bila pengukuran suhu lewat mulut (oral) mencapai suhu 38⁰C, atau pengukuran suhu lewat anus (rectal) maupun telinga mencapai angka 38,3⁰C. Sedangkan, anak dan balita baru dianggap demam bila suhu rektalnya 38⁰C

Saat demam, tubuh sedang mengeluarkan zat-zat kimia bernama sitokin untuk melawan penyakit penyebab peradangan. Tidak hanya menyebabkan keluhan demam, ternyata produksi zat sitokin juga dapat menyebabkan lidah terasa pahit.

Rasa pahit di lidah

Para ahli menduga bahwa rasa pahit di lidah saat demam didalangi oleh sitokin jenis TNF alpha. Ada dua mekanisme yang menjelaskan hal ini, yaitu:

1.    Sitokin TNF alpha menstimulasi sel-sel pada lidah untuk menghasilkan rasa pahit, sehingga menyamarkan rasa makanan yang sebenarnya.

2.    Sitokin TNF alpha juga memengaruhi sel otak Anda dalam mengartikan rasa makanan, sehingga apa yang dimakan akan terasa pahit.

Kedua mekanisme itulah yang menyebabkan lidah terasa pahit saat sedang demam. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. Seiring dengan proses penyembuhan, TNF alpha dalam tubuh akan berkurang, sehingga rasa pahit di lidah juga akan hilang.

Oleh karena itu, saat Anda mengalami demam, tetap jaga asupan nutrisi meski semua makanan terasa pahit di lidah. Usahakan pula untuk tetap makan selagi tidak ada pantangan, karena nutrisi yang cukup sangat memengaruhi proses penyembuhan.

Jika Anda cepat sembuh, keluhan lidah terasa pahit yang terjadi selama demam juga akan cepat berakhir. Dengan demikian, Anda dapat menikmati makanan dengan cita rasa yang sebenarnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar