Sukses

10 Makanan Ini Bisa Menjadi Kunci Sukses Diet Anda

Membatasi jumlah kalori, serta memperhatikan jenis dan variasi makanan merupakan kunci sukses diet Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Diet yang sehat adalah kombinasi dari pengaturan pola makan dan olahraga secara teratur. Bicara lebih jauh tentang pola makan, Anda tentu tahu bahwa pembatasan jumlah kalori harian menjadi salah satu kunci sukses diet Anda.

Di samping itu, memperhatikan jenis dan variasi makanan juga penting. Jenis makanan tertentu bahkan mampu membantu Anda mencapai berat badan ideal.

Berikut ini adalah daftar bahan makanan yang dapat menyukseskan program diet Anda:

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

1.     Alpukat

Alpukat kaya akan nutrisi. Kandungan lemak baik pada alpukat ternyata juga dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal dalam waktu cepat. Lemak ini akan mempertahankan rasa kenyang, sehingga terhindar dari keinginan mengudap camilan di sela-sela kesibukan Anda.

2.     Serealia gandum

Serealia gandum adalah salah satu pilihan sarapan yang baik, saat sedang menjalani diet ketat. Kandungan serat pada serealia gandum sungguh berlimpah dan baik untuk pencernaan Anda. Dengan mengonsumsi serealia gandum dalam porsi yang tidak berlebihan, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Selain itu. karbohidrat kompleks di dalamnya juga sangat berperan untuk memberikan energi sepanjang hari, sehingga Anda dapat tetap fit untuk beraktivitas dan berolahraga.

3.     Salmon

Ikan laut yang satu ini juga bisa menjadi pilihan dalam menu diet Anda. Kandungan omega 3 dalam salmon mampu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko obesitas di kemudian hari.

Di samping itu, tubuh membutuhkan waktu lama dalam mencerna protein di dalam salmon, sehingga Anda tetap merasa kenyang hingga sesi makan utama berikutnya.

4.     Apel

Salah satu buah yang juga baik menjadi pilihan menu diet adalah apel. Buah ini mengandung serat yang tinggi, kaya akan vitamin C, A dan B. Tidak ada alasan untuk tidak memasukkan apel ke dalam daftar camilan Anda.

5.     Daging ayam tanpa lemak

Sepotong dada ayam tanpa lemak juga bisa menjadi alternatif dalam menu diet Anda. Sepotong dada ayam tanpa tulang memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, namun kaya akan protein.

Bila sedang menjalankan olahraga untuk membentuk postur tubuh idaman, protein dapat menjadi pilihan karena berperan dalam pembentukan massa otot.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

6.     Coklat hitam

Selain pilihan makanan yang salah dan jarang olahraga, stres juga menjadi dalam menjalankan diet. Sebab, stres dapat memicu Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan. Sebagai solusi, Anda dapat mengonsumsi cokelat. Sepotong coklat hitam akan membantu menangkal stres, sehingga program diet dapat berjalan lancar.

7.     Telur

Jangan takut akan rumor bahwa makan telur dapat menyebabkan Anda menderita kolesterol. Faktanya, telur tidak hanya bagus sebagai sumber protein saat sedang menjalankan diet, tetapi juga mampu memberikan asupan lemak baik. Kandungan ini dapat menjaga tubuh dari berbagai ancaman kesehatan di kemudian hari.

8.     Sayuran hijau

Semua jenis sayuran sangat baik untuk menunjang diet Anda. Kandungan serat di dalam sayur akan sangat baik untuk pencernaan. Anda pun dapat merasa kenyang lebih lama usai mengonsumsi sayur. Selain itu, kandungan berbagai mineral di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

9.     Air putih

Untuk menjaga pencernaan bekerja dengan baik, asupan air putih yang cukup adalah kunci. Konsumsi air putih minimal dua liter per hari, sehingga pencernaan akan tetap sehat dan kerja tubuh dalam membakar lemak pun akan berlangsung optimal.

10.     Kacang-kacangan

Jangan salah, kacang-kacangan seperti almon, mete, dan kedelai yang dipanggang juga bisa menjadi camilan sehat saat sedang diet. Kacang-kacangan kaya akan protein dan tinggi serat.

Berbagai sumber makanan di atas tidak hanya enak, tetapi juga mengenyangkan dan tentu menyehatkan tubuh Anda. Selain dapat menjaga berat badan tetap ideal, diet sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Jadi, tidak ada alasan untuk menunda diet.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar