Sukses

Atasi Badan Lemas di Kantor Setelah Olahraga Pagi

Anda biasa olahraga pagi sebelum bekerja namun sering merasa badan lemas di kantor? Atasi dengan kiat ini.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga pagi sebelum berangkat ke kantor secara teori dinilai baik karena bermanfaat untuk memperbaiki mood di pagi hari. Namun, bagaimana jika Anda merasa badan lemas di kantor setelah berolahraga?

Henry Halse, seorang personal trainer  asal Amerika mengatakan bahwa olahraga pagi dapat memberikan beberapa manfaat. “Anda akan merasa lebih berenergi saat ke kantor ketika berolahraga di pagi hari,” ucapnya.

Seperti dilansir Huffington Post, John Rowley yang merupakan Direktur Kesehatan untuk International Sports Science Association (ISSA) pun berkomentar. “Otot belum memiliki banyak gula untuk diambil, sehingga Anda lebih cenderung menyerap energi yang tersimpan dalam bentuk lemak berlebih saat olahraga pagi,” tegasnya.

Jadi, semakin sedikit glukosa yang Anda miliki di pagi hari, maka akan semakin banyak lemak yang bisa Anda bakar.

Olahraga pagi bermanfaat untuk fisik dan mental

Tak hanya soal fisik, olahraga pagi sebelum ke kantor ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Menurut Lauren, olahraga pagi dapat membersihkan pikiran dan memberi energi positif sepanjang hari.

“Asal Anda ketahui, sebagian besar CEO yang masuk ke dalam daftar 500 CEO terbaik di dunia versi majalah Fortune selalu berolahraga sebelum ke kantor,” tambahnya.

Meskipun olahraga pagi memang banyak memiliki manfaat bagi tubuh, untuk sebagian orang terkadang justru merasakan badan lemas setelah berolahraga pagi. Alhasil, selama di kantor mudah mengantuk dan kurang bersemangat.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menanggapi soal badan lemas setelah berolahraga pagi, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi badan lemas sebagai berikut:

1. Banyak minum air mineral

Studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition pada 2012 menyatakan bahwa penurunan kadar air di dalam tubuh sebanyak 1,5% akan mengakibatkan kekacauan mood dan tentunya badan lemas.

“Minum air lebih banyak dapat mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh, terutama bagi Anda yang banyak memiliki aktivitas. Setidaknya minimal 8 gelas sehari tercukupi. Namun jika kegiatan Anda banyak, boleh konsumsi air lebih banyak lagi,” ucap dokter yang akrab dipanggil dr. Vita ini.

2. Konsumsi makanan sumber vitamin B12

Menurut dr. Vita, tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk memproduksi sel-sel darah merah dan menjaga neuron berfungsi dengan baik. Ketika kekurangan vitamin B12, Anda akan mengalami badan lemas. Sumber vitamin B12 bisa Anda dapatkan dari sarden, ikan salmon, ikan tuna, daging sapi hingga susu.

3. Kelola stres

Stres berkepanjangan menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat dan bertahan dalam waktu yang lama. Kondisi ini yang menyebabkan orang kurang bersemangat hingga merasakan badan lemas.

Atas kondisi ini, dr. Vita memberikan saran, “Cobalah melakukan meditasi selama 15 menit setiap hari. Pusatkan perhatian pada napas dan tubuh Anda.”

4. Konsumsi bahan makanan sumber zat besi

Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk membentuk hemoglobin, senyawa dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen. “Kekurangan zat besi dapat menghambat pasokan hemoglobin dalam darah, sehingga Anda merasakan badan lemas, pucat serta sering pusing,” jelas dr. Vita.

Oleh sebab itu, konsumsilah makanan sumber zat besi tinggi seperti telur, madu, selai kacang dan lain sebagainya. Suplemen multivitamin penambah darah juga bisa dikonsumsi jika diperlukan.

5. Tidur cukup

Kurang tidur atau bahkan terlalu banyak tidur merupakan salah satu penyebab badan lemas. Tidurlah dengan lama jam tidur paling ideal, yakni 8 jam tidur dalam sehari atatu disesuaikan dengan kondisi biologis masing-masing.

6. Perbanyak buah dan sayur

Daripada mengonsumsi gula dan kopi untuk mengatasi badan lemas, lebih baik Anda mengonsumsi buah, sayur dan protein. Dengan demikian, rasa badan lemas dapat berkurang. Cara ini sekaligus menghindarkan Anda dari risiko obesitas yang merupakan penyebab terbesar badan lemas.

Demikianlah kiat yang dapat Anda coba untuk mengatasi badan lemas usai olahraga pagi. Keenam cara di atas dapat menghindarkan Anda dari risiko kehilangan semangat di kantor saat pagi hari. Yuk, olahraga pagi!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar