Sukses

6 Menu Makan Siang yang Harus Anda Hindari

Sedapat mungkin, hindari mengonsumsi makanan ini untuk makan siang, demi kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Makan pagi sudah sehat dan bernutrisi. Eh, giliran makan siang, malah berantakan dan sembarangan. Padahal, makan pagi dan makan siang sama pentingnya untuk menjaga energi Anda.

Memang terkadang sulit untuk mengontrol keinginan hati dan perut. Anda mungkin sudah berniat ingin makan siang yang bergizi seimbang. Namun apa daya, banyak orang kemudian terjerumus dengan makan siang yang tak sehat, mengandung lemak berbahaya, pengawet, dan bahkan memiliki jumlah kalori lebih besar dari yang diperlukan tubuh.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan menu makan siang yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh, cobalah berpikir sejenak sebelum memilih makan siang Anda

Jika kombinasi makanan Anda tepat, energi pun dapat terjaga dengan stabil sepanjang hari. Sebaliknya bila makanannya tak sehat, Anda dapat mengalami bad mood atau cepat lapar kembali, dan ini bisa sangat mengganggu aktivitas.

Agar tak salah pilih, berikut ini contoh menu makanan yang sebaiknya Anda hindari saat makan siang:

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

1.    Roti putih

Roti putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak pada saat makan siang, kadar gula darah Anda akan meroket tajam dan akan turun juga dengan cepat. Hal ini dapat membuat Anda mengantuk dan lapar lagi dengan cepat.

Karena cepat merasa lapar kembali, Anda pun akan tergoda untuk makan kembali. Hal tersebut tentunya akan berakibat tidak baik untuk berat badan Anda.

2.    Mayones

Udang goreng mayones tentunya merupakan menu favorit sebagian besar orang. Namun tahukah Anda, satu sendok makan mayones ternyata mengandung hampir 100 kalori!

Apalagi, sebagian besar kalori tersebut disumbang oleh lemak. Jadi, bayangkan berapa banyak mayones yang Anda santap dalam satu kali makan siang?

3.    Kentang goreng

Kentang goreng memang nikmat, khususnya jika disantap dalam keadaan hangat dan garing. Namun sayangnya, kentang goreng bukanlah pilihan yang baik sebagai menu makan siang.

Selain tak mengenyangkan, kentang goreng juga menimbun kalori tanpa memberikan protein, serat, dan zat gizi lainnya.

4.    Pasta

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya, sebenarnya pasta untuk makan siang sah-sah saja. Masalahnya, rata-rata menu pasta tidak memiliki, atau hanya sedikit mengandung komponen protein dan serat.

Karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih pasta. Pastikan pasta tersebut cukup protein dan serat, serta hindari menyantapnya dalam jumlah yang berlebihan.

5.    Junk food

Mengonsumsi junk food untuk makan siang memang pilihan yang mudah, relatif murah, dan cepat. Akan tetapi, junk food mengandung tinggi kalori dan lemak 'jahat', sehingga harus dihindari untuk santapan makan siang.  

6.    Salad

Segala sesuatu yang sehat belum tentu selalu baik. Contohnya salad. Makanan ini bukanlah pilihan yang tepat untuk dijadikan menu makan siang. Jika Anda mengonsumsi salad untuk 'makan berat' seperti makan siang, dikhawatirkan Anda tidak bisa mendapatkan gizi dan kalori yang cukup untuk beraktivitas di sisa hari.

Bila tetap ingin makan salad, pastikan salad yang Anda konsumsi mengandung protein seperti ikan atau ayam, serta lemak 'baik' dari kacang-kacangan dan alpukat.

Nah, itu dia sederet jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat makan siang. Semoga Anda tak salah pilih lagi, ya!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar