Sukses

Miliki Gigi Berkilau ala Pramugari dengan Cara Ini

Rasanya tak ada pramugari yang memiliki gigi ompong atau gigi depan yang keropos. Selalu tampak putih dan sehat! Apa rahasianya?

Klikdokter.com, Jakarta Pramugari merupakan personil pertama yang dilihat oleh para penumpang pesawat. Oleh karena itu, mereka harus bisa merepresentasikan maskapai yang diwakilinya, dengan menampilkan senyum dan penampilan yang terbaik. Senyum terbaik, tentu harus ditunjang dengan gigi yang sehat.

Bahkan, bagi penumpang yang melakukan penerbangan jarak jauh, senyum pramugari, dapat membuat perjalanan para penumpang terasa nyaman. Tentu saja,  untuk mendapat pengalaman yang berkesan, senyuman indah pramugari dengan gigi yang sehat harus diimbangi dengan pelayanan yang prima, dan keramahtamahan yang tulus.

Lalu bagaimana Anda sih rahasia gigi sehat dan berkilau ala pramugari?

Senyum berkilau ala pramugari

Saat bepergian dengan pesawat, rasanya tak pernah kedapatan pramugari yang memiliki kondisi gigi yang tak sehat, seperti gigi ompong atau gigi depan yang keropos. Wajar, sih, karena memang memiliki gigi yang putih natural dan sehat merupakan salah satu persyaratan untuk menjadi pramugari.

Oleh karena itu, syarat kesehatan gigi bagi pramugari pun ditetapkan secara ketat. Calon pramugari harus memiliki gigi depan yang lengkap, susunan yang rata, gigi berwarna putih bersih natural. Dengan kata lain, gigi harus dalam keadaan sehat.

Untuk mendapatkan gigi yang sehat dan berkilau sempurna, bantuan dari dokter gigi sangat diperlukan. Dengan melakukan pemeriksaan awal yang lengkap, maka Anda bisa tahu apa saja yang perlu diperbaiki.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan gigi yang dinilai dengan ada atau tidaknya penumpukan karang gigi dan noda (stain) pada gigi. Untuk mengatasinya, diperlukan pembersihan karang gigi.

1 dari 3 halaman

Memilih kawat gigi yang tepat dan mendapatkan gigi putih natural

Kemudian, misalnya Anda memiliki susunan gigi depan yang kurang rata seperti misalnya kasus dua gigi depan yang sedikit tumpang tindih, ataupun gigi taring yang sedikit menumpang pada gigi depannya, dua kondisi tersebut dapat diperbaiki dengan mudah, dengan cara pemasangan kawat gigi (braces).

Meski demikian, seorang pramugari tak bisa sembarangan dalam memilih jenis kawat gigi. Kawat gigi yang disarankan adalah kawat gigi cekat yang transparan atau silver bracket. Hal ini dikarenakan agar warna tidak terlalu mencolok, sehingga  tidak mengganggu penampilan keseluruhan.

Ada dua jenis kawat gigi cekat, yaitu dengan sistem konvensional dan self-ligating. Kawat gigi cekat konvensional memakai komponen karet yang bisa diganti warna, namun lama perawatannya lebih lama dibanding jenis self-ligating. Sedangkan kawat gigi dengan sistem self-ligating tidak menggunakan karet, tapi bracket-nya memiliki penyangga khusus untuk menyangga kawat, dan memiliki sistem buka tutup sendiri.

Perawatan kawat gigi self-ligating bisa membuat lama perawatan gigi menjadi lebih cepat dibandingkan dengan kawat gigi konvensional. Selain itu, karena tidak menimbulkan rasa sakit akibat tekanan kawat gigi konvensional, dan ukurannya yang lebih kecil dari generasi sebelumnya sehingga pembersihan gigi menjadi lebih mudah, perawatan kawat gigi self-ligating banyak dipilih oleh para pramugari.

Kawat gigi jenis lainnya yang juga sering dipilih oleh pramugari adalah jenis lepasan yang berbentuk seperti retainer transparan, tapi dapat digunakan untuk menggerakkan dan memperbaiki susunan gigi. Memang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang konvensional, tapi akan sangat membantu bagi Anda yang ingin memperbaiki gigi tanpa mengganggu penampilan.

Sebagai tambahan, untuk merapikan susunan gigi atau hanya beberapa gigi yang sedikit mundur, maka Anda bisa memilih tindakan pembuatan veneer gigi dengan warna putih natural yang sesuai dengan warna gigi asli anda.

Setelah selesai menggunakan kawat gigi, maka normalnya Anda akan memakai retainer gigi untuk proses fiksasi posisi gigi yang baru. Anda disarankan untuk menggunakan yang transparan atau menggunakan jenis lingual retainer. Hal ini dilakukan agar retainer tidak terlihat dari arah luar dan mengganggu penampilan.

Selain gigi dengan susunan yang rata, seorang pramugari juga harus memiliki warna gigi yang putih natural. Untuk mendapatkan warna gigi putih natural Anda bisa melakukan tindakan bleaching atau whitening gigi. Tindakan bleaching dapat dilakukan dengan dokter gigi dan  perawatan di rumah, tapi penggunaan dan persiapannya harus tetap dalam pengawasan dokter gigi.

2 dari 3 halaman

Bebas bau mulut

Pekerjaan seorang pramugari cukup banyak, salah satunya adalah melayani keperluan penumpang selama penerbangan, yang membutuhkan komunikasi langsung. Oleh karena itu, pramugari juga dituntut untuk tidak bau mulut. Biasanya jika rongga mulut sehat maka mulut tidak akan berbau. Untuk mencegah bau mulut, jangan lupa selalu siapkan semprotan mulut atau permen mint ke mana pun Anda pergi.

Selain penampilan, ada satu lagi hal yang juga penting untuk Anda tiru dari seorang pramugari: kepribadian santun dan dapat diandalkan. Dengan kepribadian yang memenuhi syarat, maka kendala kecil pada gigi masih akan diberi toleransi atau keringanan.

Memiliki gigi putih natural dan sehat ala pramugari bukan sesuatu yang tak mungkin. Dengan melakukan langkah-langkah yang disebutkan di atas, niscaya gigi putih natural dan sehat akan terwujud. Jangan lupa untuk mengunjungi dokter gigi, ya!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar