Sukses

5 Fakta Wajib Tahu tentang Infeksi Vagina

Berikut ini adalah 5 fakta tentang infeksi vagina yang wajib Anda ketahui agar tak salah informasi.

Klikdokter.com, Jakarta Mempunyai tubuh yang sempurna dari ujung rambut hingga ujung kaki adalah dambaan setiap wanita. Seluruh bagian tubuh pun dirawat demi kesehatan dan kesempurnaan penampilan, termasuk bagian kewanitaan. Oleh sebab itu perlu edukasi seputar informasi penting tentang kesehatan vagina agar terhindar dari infeksi vagina.

Area kewanitaan adalah bagian penting bagi wanita di semua umur, baik anak, wanita remaja yang belum menikah hingga wanita yang sudah menikah. Vagina adalah salah satu area kewanitaan yang sering mendapatkan masalah kesehatan. Vagina yang lembab dan berbau akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Tidak banyak informasi yang beredar di masyarakat tentang keluhan pada vagina. Kurangnya informasi membuat banyak orang yang belum mengerti tentang apa sebenarnya yang menyebabkan vagina Anda berbau atau mengeluarkan cairan berwarna.

Salah satu penyebab dari masalah tersebut adalah karena infeksi vagina. Berikut adalah 5 fakta tentang infeksi vagina yang perlu diketahui semua wanita, termasuk Anda.

1.    Pengertian dari infeksi vagina beserta keluhan yang umumnya terjadi

Infeksi vagina adalah keadaan umum yang menggambarkan infeksi atau peradangan pada vagina. Gejala yang timbul biasanya adalah keputihan berwarna kuning hingga hijau, gatal, terasa panas pada vagina hingga mengeluarkan bau yang tidak sedap.

2.    Penyebab infeksi vagina

Banyak orang berpendapat bahwa infeksi vagina penyebabnya pasti bakteri. Padahal, infeksi vagina bisa disebabkan oleh tiga hal, yaitu infeksi bakteri, infeksi jamur dan infeksi parasit. Gejala yang dikeluhkan hampir sama. Yang membedakan biasanya hanya dari pemeriksaan tambahannya yang dilakukan oleh dokter.

3.    Adanya bakteri di vagina bukan berarti vagina Anda sedang terinfeksi

Dalam keadaan normal, vagina Anda sudah pasti mengandung bakteri. Tapi bakteri ini adalah bakteri baik yang justru akan melawan bakteri buruk yang menghampiri area kewanitaan Anda.

Kebanyakan orang yang takut berlebihan dengan adanya bakteri di vagina, biasanya akan membersihkan vagina secara berlebihan, sehingga malah menyingkirkan keberadaan bakteri baik di vagina. Hal ini mengakibatkan bakteri buruk dengan leluasa hinggap di vagina Anda dan menyebabkan infeksi.

4.    Infeksi vagina bisa juga disebabkan karena perubahan hormon

Infeksi vagina atau vaginitis terjadi ketika ekosistem vagina telah diubah oleh obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, hormon, sediaan kontrasepsi (oral dan topikal), douching (membersihkan dengan cairan semprot), perawatan vagina, hubungan seksual, penyakit menular seksual, stres, dan perubahan pada pasangan seksual.

5.    Infeksi vagina bisa dicegah.

Inveksi vagina bisa dicegah dengan menjaga kebersihan vagina. Gunakan celana dalam hanya yang berbahan katun. Jika menggunakan panty liner, gantilah setiap 3-4 jam sekali dan  jangan berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual.

Jika ada keluhan pada vagina Anda seperti infeksi vagina misalnya, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendsapatkan penyebab pastinya. Karena penyebab infeksi vagina bisa berbeda-beda dan pengobatannya pun harus disesuaikan dengan penyebabnya.

[NP/ RVS]

1 Komentar

  • ryningsih penta

    anak saya perempuan umur 8 tahun...saya perhatikan celana dalam nya sering kuning..apakah anak saya keputihan