Sukses

3 Cara Alami Wujudkan Kulit Wajah Cerah

Berikut ini beberapa cara alami untuk bisa mendapatkan kulit wajah cerah dan menakjubkan.

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa orang lahir dengan kondisi kulit wajah yang indah. Hal ini wajar. Paula Bourelly, MD, profesor dermatologi di Georgetown University, Amerika Serikat, bahkan mengatakan ke WebMD, “Tidak semua kulit diciptakan sama. Anda tidak bisa meremehkan faktor genetika.”

Namun faktor genetika hanya merupakan titik awal. Untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang senantiasa indah dan cerah, Anda perlu memiliki kebiasaan perawatan kulit yang baik.

Berikut ini beberapa rahasia untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang menakjubkan.

1.     Tidak merokok dan memakai tabir surya secara rutin

Bayangkan dua orang memiliki DNA yang persis sama. Satu orang memiliki kebiasaan merokok dan berjemur, sedangkan yang lain menghindari kedua hal tersebut. Lantas apakah kondisi tersebut menimbulkan perbedaan pada kulit mereka?

Jawabannya adalah, ya. Sebuah tim yang dipimpin oleh Bahman Guyuron, MD, ahli bedah plastik dari Case Western Reserve University, Amerika Serikat, menganalisis foto-foto wajah dari 186 pasang kembar identik. Orang-orang kembar itu juga mengisi kuesioner tentang kehidupan dan kebiasaan mereka.

Mereka yang merokok dan menghabiskan banyak waktu di luar rumah tanpa memakai tabir surya tampak lebih tua beberapa tahun, daripada saudara kembarnya laki-laki atau perempuan yang menghindari kedua kebiasaan itu. Mereka juga memiliki lebih banyak garis halus dan keriput, serta banyak bintik hitam di wajah.

Paula tidak heran. "Banyak hal yang dikeluhkan pasien saya—seperti kulit kusam, kasar, dan warna kulit yang tidak rata, terkait dengan paparan sinar matahari yang kronis," katanya. "Dan penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dikaitkan dengan kerutan dini."

Karena itu, Paula menyarankan untuk memakai tabir surya yang melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Bahkan, Anda perlu mengenakannya pada hari yang tidak terlalu terik. Anda dapat mengaplikasikan kembali tabir surya setiap dua atau tiga jam saat berada di luar ruangan. Lalu, jangan merokok demi menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

2.     Menerapkan perawatan kulit yang sederhana

“Beberapa pasien datang dengan tas belanja yang penuh dengan produk perawatan kulit. Mereka pun bertanya-tanya, mengapa kulit mereka tidak terlihat atau terasa istimewa," kata Jeanie Leddon, MD, PhD, ahli dermatologi di Boulder, Colorado, Amerika Serikat.

Menurut Jeanie, terlalu banyak menggunakan produk kecantikan adalah sebuah kesalahan besar. Memakai banyak produk dengan kandungan berbeda-beda justru dapat mengganggu, dan pada beberapa kandungan dapat menghilangkan manfaat kandungan lain.

Produk yang dibutuhkan untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan indah adalah pembersih wajah yang sederhana, tabir surya, dan pelembap. Lagipula, Anda lebih dapat merawat kulit wajah secara konsisten, karena prosesnya lebih sederhana.

3.     Menerapkan kebiasaan sehat

Gaya hidup sehat dapat menjaga kulit tetap tampak cerah. Perawatan kulit dari luar memang perlu. Namun Anda tidak boleh mengabaikan perawatan dari dalam. Mengonsumsi buah yang kaya akan likopen, seperti semangka merah, dapat membantu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

“Selain itu, membantu mencegah kerutan di masa depan, dan bahkan mungkin menurunkan risiko kanker kulit,” kata Elizabeth Somer, ahli gizi dan penulis Eat Your Way to Sexy seperti ditulis Women’s Health United Kingdom.

Makanan kaya vitamin A, C, dan E juga baik untuk kesehatan kulit. Makanan yang mengandung vitamin A adalah wortel, ubi jalar, dan sayuran hijau. Sedangkan makanan yang kaya akan vitamin C yaitu buah beri, jeruk, paprika, pepaya, kiwi, dan brokoli. Sementara itu, kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, asparagus, dan sayuran hijau banyak mengandung vitamin E.

Bila terlalu banyak mengonsumsi lemak dan karbohidrat, hal tersebut kemungkinan menyebabkan banyak keriput di kulit.

Tidak hanya menjaga pola makan, menerapkan tidur yang teratur juga penting untuk kesehatan kulit. Paul M. Friedman, MD, ahli dermatologi di Amerika Serikat mengatakan bahwa tidur teratur dapat mengoptimalkan sekresi human growth hormone atau HGH (hormon yang mengatur metabolisme tubuh), dan produksi kolagen. Sementara itu, olahraga meningkatkan sirkulasi dan aliran nutrisi ke kulit.

Jadi, kunci untuk mendapatkan kulit cerah secara alami ternyata merupakan perpaduan antara genetika, kebiasaan kesehatan, dan perawatan kulit yang sederhana. Namun yang pasti, bila mengabaikan faktor-faktor di luar genetika, Anda mungkin akan kesulitan mendapatkan kulit wajah cerah.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar