Sukses

Kapan Bisa Hamil Lagi Setelah Melahirkan?

Sebelum memutuskan untuk hamil kembali, ada baiknya Anda membaca panduan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang sudah pernah merasakan pengalaman hamil dan melahirkan, ada kalanya rindu akan masa-masa tersebut. Anda ingin mengulang momen membahagiakan itu kembali, tentunya dengan fisik dan mental yang lebih siap. Kapankah sebetulnya waktu yang tepat untuk bisa hamil lagi setelah melahirkan?

Tergantung faktor menyusui

Pada umumnya, kembalinya kesuburan seorang wanita setelah melahirkan akan membutuhkan waktu. Begitupun halnya dengan siklus menstruasi, dapat berbeda-beda dan bergantung pada banyak faktor. Mulai dari berat badan, menyusui, stres, diet, merokok, atau penggunaan kontrasepsi.

Seberapa cepat Anda akan hamil lagi biasanya akan tergantung apakah Anda menyusui secara eksklusif atau tidak. Pada wanita yang menyusui secara eksklusif, hormon yang keluar saat menyusui akan menekan kesuburan.

Berdasarkan studi dari jurnal Obstetrics and Gynecology, rata-rata kesuburan wanita yang tidak menyusui akan kembali pada hari ke-74 setelah melahirkan. Bahkan pada penelitian lain disebutkan bahwa wanita yang tidak menyusui dapat kembali subur 28 hari setelah melahirkan. Yang pasti, bagi wanita yang menyusui (dan tidak), 6–9 bulan setelah melahirkan merupakan waktu yang paling rentan untuk terjadi kehamilan kembali.

1 dari 3 halaman

Waktu ideal untuk hamil lagi

Idealnya, seperti dilansir Mayo Clinic, seorang wanita sebaiknya menunggu 18–24 bulan setelah melahirkan untuk hamil kembali. Jika Anda berusia 35 tahun dan ingin segera hamil kembali, hendaknya tunggu paling tidak 12 bulan setelah melahirkan.

Namun, sebaiknya Anda juga tidak menunggu terlalu lama. Sebab dari penelitian, ibu yang hamil dengan jarak di atas 5 tahun akan berisiko lebih tinggi untuk mengalami kelahiran prematur dan berat badan bayi rendah.

Anjuran tersebut tidak berlaku bagi Anda yang sebelumnya mengalami keguguran. Pada umumnya, dalam waktu seminggu setelah keguguran, kesuburan akan kembali normal (bila tidak ada komplikasi). Jadi, jika Anda sudah haid kembali setelah keguguran, maka Anda sudah bisa berhubungan seksual lagi.

Namun, Anda disarankan untuk menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan setelah keguguran. Di samping menunggu organ reproduksi kembali ke bentuk semula, juga melihat kesiapan fisik dan emosi Anda untuk hamil lagi.

2 dari 3 halaman

Siap atau tidak?

Bagaimana jika Anda belum siap untuk hamil kembali setelah melahirkan? Menurut World Health Organization (WHO), dalam waktu 3 minggu setelah melahirkan sebaiknya seorang wanita mulai menggunakan kontrasepsi. Walau menyusui bayi secara eksklusif dapat 98% efektif mencegah kehamilan, tetapi keefektifannya bergantung pada apakah bayi Anda:

  • Di bawah usia 6 bulan
  • ASI eksklusif (tanpa botol, empeng, atau makanan lain)
  • Menyusui langsung tergantung kehendak bayi
  • Masih menyusui pada malam hari
  • Menyusui paling tidak 6 kali per hari
  • Menyusui paling tidak 60 menit per hari 

Menilik dari perspektif lain, jarak waktu antara dua kehamilan yang terlalu singkat akan menjadi tantangan tersendiri bagi kedua orang tua. Tak hanya biaya hidup yang membengkak, perhatian Anda biasanya akan terbagi dan lebih terfokus pada bayi yang baru lahir.

Drama antara kakak dan adik baru biasanya akan terjadi dan membuat Anda makin stres. Memberikan jarak yang cukup antar kehamilan akan membuat perhatian Anda terfokus pada tahun-tahun awal anak yang merupakan masa emas pertumbuhan.

Jadi, sekarang kembali lagi kepada Anda dan pasangan. Apakah Anda sudah siap untuk hamil lagi atau tidak? Yang terpenting sebelum merencanakan untuk hamil lagi, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter spesialis kandungan Anda.

[RS RVS]

 

2 Komentar