Sukses

Jangan Lakukan Pantangan Ini Setelah Operasi LASIK

Berniat menjalani prosedur LASIK? Berikut ini aturan setelah operasi yang penting Anda ketahui.

LASIK, atau laser-assisted in situ keratomileusis, adalah prosedur operasi mata yang dapat digunakan untuk mengoreksi penglihatan orang yang mengalami mata minus, plus, atau astigmatisme.

Umumnya 24-48 jam pertama setelah tindakan, berbagai keluhan bisa muncul, seperti gatal, silau, penglihatan buram, nyeri, mata berair, atau mata kering.

Meski dapat berangsur membaik, Anda perlu memperhatikan perawatan setelah operasi LASIK. Salah satu bentuk perawatan setelah operasi adalah mengonsumsi obat minum dan tetes yang diberikan dokter.

Selain itu, sama seperti tindakan medis lain yang berisiko, LASIK pun memiliki efek samping tersendiri. Nah, agar terhindar dari berbagai risiko tersebut, hindarilah beberapa pantangan setelah LASIK berikut ini:

1 dari 5 halaman

1. Mengucek Mata

Gejala yang mungkin terasa setelah operasi LASIK adalah gatal pada mata. Meskipun dokter akan memberikan pelindung mata, jangan sekali-kali Anda coba mengucek mata.

Ini menjadi salah satu pantangan setelah LASIK karena kornea mata dapat bergeser dari posisinya atau bahkan terlepas. Jadi, hindari mengucek mata selama beberapa bulan setelah operasi LASIK.

Artikel Lainnya: Inilah Efek Samping LASIK yang Wajib Diketahui

2. Penggunaan Kosmetik pada Daerah Mata

Pantangan setelah operasi LASIK lainnya adalah penggunaan kosmetik atau make up, khususnya di daerah mata. Pasalnya, riasan mata, seperti maskara, eyeliner, atau bulu mata palsu mengandung banyak bakteri dan berisiko menyebabkan infeksi mata.

Lalu, kapan waktu yang baik untuk menggunakan riasan pada mata? Anda bisa menunggu setidaknya seminggu setelah operasi.

2 dari 5 halaman

3. Berenang

Berenang menjadi pantangan setelah LASIK karena dapat menyebabkan air masuk ke mata sehingga berisiko menyebabkan iritasi, mata kering, atau bahkan infeksi, mengingat air tersebut bisa saja tidak bersih.

Setelah operasi, Anda disarankan untuk tidak berenang dahulu selama minimal 2 minggu, baik di kolam renang, bak mandi, sungai, danau, atau bahkan laut. Selain berenang, aktivitas serupa yang perlu Anda hindari adalah pergi ke sauna.

4. Olahraga Berat

Pasca operasi, Anda tentu menjadi bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa mengenakan kacamata, termasuk berolahraga. Meskipun olahraga menyehatkan, ingatlah bahwa mata Anda tetap membutuhkan waktu penyembuhan setelah operasi.

Artikel Lainnya: Benarkah LASIK Bisa Mengatasi Mata Plus?

Olahraga berat menjadi pantangan setelah operasi LASIK karena berisiko memicu iritasi mata akibat keringat yang masuk ke mata. Anda perlu menghindari jenis olahraga, serti basket, sepak bola, dan angkat beban.

Namun jangan khawatir, Anda masih tetap bisa berolahraga. Pilihlah jenis olahraga ringan, seperti peregangan, jalan kaki, dan sebagainya. Setelah minimal 1 bulan pasca operasi, Anda dapat kembali melakukan olahraga berat.

3 dari 5 halaman

5. Berkendara Sendiri

Operasi LASIK termasuk operasi yang pengerjaannya cepat dan memiliki efek samping minimal. Meski Anda dapat langsung kembali beraktivitas, mengemudi kendaraan sendiri menjadi salah satu pantangan setelah LASIK mata.

Setelah operasi, penglihatan Anda tentunya terpengaruh. Jadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, mintalah keluarga menemani atau Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum.

Artikel Lainnya: Adakah Batasan Mata Minus untuk Melakukan Lasik?

6. Terlalu Lama di Depan Layar

Smartphone, laptop, komputer, atau tablet, saat ini sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari Anda. Namun, ingatlah bahwa pancaran gelombang cahaya dari layar tersebut dapat melelahkan dan memengaruhi mata.

Apalagi bagi Anda yang telah menjalani prosedur operasi mata, tindakan ini menjadi salah satu pantangan setelah LASIK. Anda disarankan untuk tidak terlalu lama menatap layar gadget selama 3 hari pertama setelah operasi.

4 dari 5 halaman

7. Paparan Sinar UV

Sinar ultraviolet (UV) yang terpancar dari sinar matahari dapat membahayakan mata Anda, apalagi setelah menjalani prosedur LASIK.

Lindungi mata Anda ketika berada di luar ruangan dengan menggunakan kacamata hitam dengan pelindung sinar UV atau setidaknya penutup mata. Selain sinar UV, debu juga bisa menjadi ancaman mata Anda setelah operasi.

LASIK merupakan prosedur operasi yang memiliki efek samping minimal sehingga pasien akan cepat kembali beraktivitas. Namun, hal tersebut bisa tidak tercapai jika Anda tidak melakukan perawatan setelah operasi LASIK. Selain itu, pantangan setelah LASIK juga harus Anda perhatikan dengan baik.

Apabila memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, Anda dapat menanyakan secara langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar