Sukses

Jangan Lakukan Ini Setelah Operasi Lasik

Berniat menjalani prosedur lasik? Berikut ini aturan setelah operasi yang penting Anda ketahui.

Klikdokter.com, Jakarta Anda bosan menggunakan kacamata? Atau merasa diri kurang cantik atau tampan ketika mengenakan kacamata, tetapi takut atau tidak bisa memakai lensa kontak? Jika jawabannya ya, operasi lasik adalah solusi yang tepat untuk Anda.

Setelah bertahun-tahun lamanya harus mengenakan kacamata, dengan lasik Anda akan terbebas dari belenggu sepasang lensa yang selalu bertengger di hidung. Anda tak perlu lagi repot-repot memasang dan melepas kacamata ataupun lensa kontak.

Namun, ada beberapa aturan setelah operasi yang perlu Anda ketahui, agar hasil lasik dan kesehatan mata lebih optimal.

Mengenal operasi lasik

Lasik adalah kepanjangan dari laser in-situ keratomileusis, yang merupakan salah satu prosedur operasi mata yang paling populer selain operasi katarak. Lasik dapat digunakan untuk mengoreksi penglihatan orang yang mengalami mata minus, plus, atau astigmatisma (permukaan kornea tidak rata).

Operasi lasik dapat membebaskan Anda dari kacamata dan lensa kontak, karena kemampuannya dalam mengubah bentuk dari kornea—bagian mata yang berbentuk kubah transparan, yang terletak di bagian depan mata.

Setelah Anda menjalani prosedur lasik, penglihatan Anda tidak serta-merta menjadi prima. Sebagian besar pasien akan mengalami beberapa kendala 24–48 jam setelah lasik. Tanda dan gejala yang dialami, antara lain gatal, silau, penglihatan buram, mata berair, sedikit nyeri, melihat halo (lingkaran cahaya di sekitar benda yang dilihat), kesulitan melihat di malam hari, dan mata kering.

Namun, jangan khawatir! Setelah 48 jam gejala-gejala tersebut akan berangsur membaik, dan pada akhirnya Anda akan mendapatkan penglihatan yang jelas tanpa kacamata.

Sementara menunggu penglihatan prima setelah lasik, dokter akan memberikan beberapa resep obat untuk membantu agar mata Anda lebih nyaman selama masa pemulihan. Dokter akan memberikan obat tetes mata untuk mencegah radang dan infeksi, serta tetes mata air mata buatan supaya mata tidak kering.

Anda harus menggunakan obat yang diresepkan dokter dengan teratur, berdasarkan aturan pakai yang disarankan. Hindari memakai obat tetes mata lain yang tidak dianjurkan oleh dokter Anda.

Penglihatan Anda baru akan benar-benar pulih setelah 2–3 bulan pasca operasi lasik.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Hindari hal ini setelah lasik

Jangan mencuci rambut Anda sehari usai operasi. Hal ini bertujuan agar air tidak masuk ke dalam mata. Bagi Anda yang senang mengucek mata, jauhi kebiasaan ini setidaknya hingga sebulan setelah lasik.

Hindari penggunaan kosmetik di mata dan daerah sekitarnya selama beberapa minggu setelah lasik. Selain itu, Anda juga harus menunda sesi olahraga berat, berenang, dan berendam di kolam air panas selama beberapa minggu sesudah operasi.

Jika belum benar-benar yakin dengan penglihatan Anda, harap untuk tidak mengemudikan kendaraan dulu, baik itu mobil, motor, atau sepeda. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Rambut sudah beruban, tetapi belum sempat mengecatnya? Eits, Anda harus ingat untuk tidak mengecat rambut dalam sepuluh hari setelah operasi lasik.

Selalu ingat untuk menghindari sinar matahari dan debu, karena dapat mencemari mata Anda. Bahkan, Anda disarankan untuk mengenakan kacamata hitam jika akan terkena sinar matahari langsung selama setidaknya satu tahun.

Setelah menjalani prosedur lasik, Anda harus kontrol kembali ke dokter mata yang menangani Anda 24–48 jam dan dalam enam bulan setelah operasi.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar