Sukses

Kaki Kuat Pertanda Otak Sehat, Benarkah?

Benarkah kekuatan kaki berkaitan dengan otak sehat dan kemampuan kognitif seseorang. Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kondisi otak sehat bukanlah sesuatu yang sulit. Sebuah penelitian mengungkapkan, menjaga kekuatan otot kaki dapat membawa dampak yang cukup signifikan pada kondisi otak Anda.

Penelitian yang yang diterbitkan di jurnal Gerontology ini menjelaskan bahwa pada kekuatan otot tubuh bagian bawah berhubungan dengan kesehatan otak. Dalam studi tersebut, tim peneliti dari King's College di London mengukur kekuatan kaki dan kemampuan kognitif  dari 324 orang kembar yang berusia 43-73 selama 10 tahun.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan fakta mereka yang mempertahankan kemampuan kognitif nya memiliki kaki yang kuat, sementara kaki yang lemah menunjukkan hasil yang sebaliknya.

Kekuatan kaki dalam hal ini tidak hanya mengukur seberapa banyak beban yang dapat diangkat, tetapi juga kecepatan dan kekuatan otot atau kemampuan untuk melakukan banyak pekerjaan.

Penelitian ini dianggap sebagai yang pertama karena menunjukkan hubungan antara kekuatan (kecepatan dan kecepatan) tertentu anggota tubuh dan perubahan kognitif  seseorang. Menurut Dr Claire Steves, penulis utama dalam penelitian ini, perubahan gaya hidup dengan meningkatkan aktivitas fisik ternyata dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Meski penelitian ini menjelaskan bahwa aktivitas tubuh bagian bawah terkait dengan peningkatan kinerja otak, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami lebih jelas hubungan antara aktivitas fisik dan perubahan struktur di otak.

Cara termudah untuk meningkatkan kekuatan otot kaki bisa dilakukan hanya dengan sekadar berdiri atau berjalan. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan tertentu yang bermanfaat bagi pertumbuhan otak.

Makanan yang dimaksud adalah makanan kaya omega-3 dan vitamin B, seperti ikan salmon. Anda juga dapat menemukan zat gizi tersebut pada suplemen yang dijual bebas di pasaran.

Ingin memiliki otak sehat? Yuk, perbanyak beraktivitas untuk melatih kekuatan kaki dan konsumsi bahan makanan yang bergizi!

[NP]

0 Komentar

Belum ada komentar