Sukses

Kiat Mengatasi Kecanduan Gula pada Anak

Jika anak Anda menampakkan gejala kecanduan gula, atasilah dengan beberapa kiat berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki anak yang sangat gemar mengonsumsi makanan atau minuman manis kerap merepotkan orang tua. Sebab, anak hanya bersedia makan, jika keinginan mengonsumsi makanan manis terpenuhi terlebih dahulu. Selain merepotkan, kecanduan gula pada anak juga dapat berdampak buruk terhadap kesehatannya.

Jika demikian kondisinya, Anda bisa mengatasi kecanduan gula pada anak dengan beberapa kiat berikut ini:

1.     Menu makanan yang kreatif

Jika anak enggan mengonsumsi sayuran atau buah, Anda harus membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik. Anda bisa menghiasnya menjadi bentuk binatang atau bunga guna menggugah selera makan anak. Selain itu, Anda bisa memasangkan makanan kesukaan anak dengan menu sehat, agar si Kecil mau memakannya.

2.     Hindari minuman bergula

Banyak orang tua tidak sadar bahwa minuman kemasan yang beredar di pasaran memiliki kandungan gula yang tinggi. Air putih adalah pilihan terbaik untuk anak-anak. Jika anak tidak menyukai rasa air putih, tambahkan perasan jeruk nipis, stroberi, atau mint.

3.     Jelaskan maksud larangan Anda

Sebuah penelitian menunjukkan, ketika orang tua melarang anak mengonsumsi asupan tertentu, hal itu justru membuat mereka tertarik untuk mengonsumsinya. Memberikan biskuit atau cokelat sesekali tidak akan membahayakan kebiasaan makan anak.

Selain itu, cobalah untuk tidak menyimpan makanan manis di rumah. Jika anak tidak meminta, Anda tidak perlu menawari makanan tersebut kepadanya. Anda juga perlu membatasi jumlah konsumsi makanan tersebut pada anak. Anda dapat menjelaskan kepada anak tentang alasan di balik hal tersebut, daripada melarangnya tanpa penjelasan yang jelas.

4.     Jadikan pola makan sehat sebagai gaya hidup keluarga

Anak belajar dengan meniru perilaku orang dewasa. Jadi, penting bagi orang tua untuk mulai mengonsumsi makanan sehat. Di samping itu, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sering makan bersama keluarga lebih menyukai buah dan sayuran.

Sementara itu, para pakar dari American Heart Association menyarankan asupan gula tambahan yaitu 3-4 sendok teh setiap hari untuk anak di bawah usia 8 tahun. Sedangkan asupan gula tambahan untuk anak di atas usia 8 tahun dan remaja adalah 5-8 sendok teh setiap hari.

Itulah beberapa kiat untuk mengatasi kecanduan gula pada anak. Mengonsumsi sesuatu yang manis secara berlebihan, khususnya pada anak-anak, dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas dan kerusakan gigi. Hindari hal tersebut dan cegah kecanduan gula pada anak dengan menerapkan pola hidup sehat mulai sekarang.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar