Sukses

Konsumsi Susu Formula Bisa Sebabkan si Kecil Obesitas?

Ada anggapan bahwa memberikan susu formula sebagai pendukung nutrisi si Kecil, picu obesitas. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Keinginan untuk melengkapi nutrisi si Kecil tentunya adalah harapan semua ibu. Namun beberapa ibu yang kesulitan dalam memproduksi ASI biasanya memilih susu formula sebagai asupan pendukung buah hatinya. Sayangnya, informasi seputar efek obesitas pada si Kecil kerap membuat ibu bimbang.

Pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan berdasarkan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI, kerap diinformasikan oleh dokter anak maupun kandungan. ASI memang makanan terbaik bagi si Kecil. Oleh sebab itu, ada beberapa alasan susu formula lebih cenderung meningkatkan potensi obesitas pada si Kecil:

1.    Mengontrol nafsu makan

Para ibu menyusui membutuhkan tenaga lebih banyak untuk mendapatkan ASI. Sehingga ketika ASI berhenti keluar dan ibu memerlukan asupan untuk menghasilkan ASI kembali, si Kecil pun harus berhenti menyusui. Dengan demikian, si Kecil lebih dapat mengontrol nafsu makan.

Sementara si Kecil yang menggunakan susu formula akan mengalami kemudahan dalam menelan semua susu yang diberikan dalam botol. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makannya di kemudian hari.

2.    Kandungan protein dan lemak pada susu formula lebih banyak

Susu formula cenderung mengandung protein dalam jumlah besar, tinggi gula dan tinggi lemak yang dapat membuat bayi mengalami kelebihan asupan kalori serta berujung pada kenaikan berat badan. Hal ini dapat membuat penumpukan lemak berlebih dalam tubuh bayi karena asupan protein yang berlebih dapat merangsang pelepasan hormon insulin lebih banyak.

3.    Susu formula dapat meningkatkan nafsu makan bayi

Bayi yang mengonsumsi susu formula sejak dini menjadi kurang sensitif terhadap leptin yang merupakan hormon pengatur nafsu makan dan juga lemak di dalam tubuh. Kurangnya sensitivitas ini menghasilkan nafsu makan bayi menjadi lebih besar, akibatnya bayi makan berlebihan.

Asupan nutrisi si Kecil pada 2 tahun pertama sangat memengaruhi kesehatannya di masa depan. Perlu diingat bahwa susu formula sebenarnya hanyalah alternatif sehat pengganti ASI, namun tidak akan pernah sebanding dengan tingkat nutrisi ASI.

Di samping itu, si Kecil yang mengalami obesitas belum tentu hanya dipengaruhi oleh susu formula. Hal lain seperti genetik, pemberian nutrisi maupun penyakit tertentu, juga bisa menjadi penyebabnya. Jika berat badan si Kecil berlebih, segera periksakan si Kecil ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar