Sukses

3 Dampak Negatif Minum Bir Setiap Hari

Tidak bisa melewati hari tanpa minum bir? Waspada, inilah dampak negatif yang mengintai Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang memiliki kegemaran minum bir setiap hari. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, Anda patut waspada. Ini karena kebiasaan minum bir setiap hari dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Apa saja gangguan kesehatan yang bisa terjadi akibat minum bir setiap hari?

1.    Ketergantungan alkohol

Ketika Anda minum bir dalam jumlah banyak dan terus-menerus, bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengatur motivasi, stres, dan kesenangan akan mengalami gangguan. Hal ini dapat terjadi, khususnya jika Anda terpapar dengan alkohol secara berulang.

Selain itu, tingkat toleransi tubuh terhadap alkohol juga semakin meningkat, hingga akhirnya Anda akan berakhir pada kondisi ketergantungan alkohol. Keadaan ini bisa menyebabkan berbagai gangguan sistem saraf, termasuk gangguan mental, yang ujung-ujungnya membuat kualitas hidup Anda menurun.

2.    Perlemakan hati

Minum alkohol sebanyak 30 gram atau lebih dalam sehari dapat menyebabkan terjadinya perlemakan hati. Kondisi ini ditandai dengan adanya lemak pada hati, yang melebihi kadar seharusnya.

Perlemakan hati dapat menyebabkan berbagai gangguan hati, khususnya peningkatan risiko pengerasan hati dan kanker hati.

3.    Penyakit gout

Seorang peminum bir juga memiliki risiko tinggi terserang penyakit gout. Ini adalah penyakit yang ditandai dengan penumpukan kristal monosodium urat di dalam ataupun di sekitar persendian.

Penumpukan kristal pada penyakit gout dapat menyebabkan peradangan sendi dan menimbulkan berbagai keluhan, salah satunya nyeri sendi.

Setelah mengetahui dampak buruk di atas, sebaiknya Anda segera hentikan kebiasaan minum bir mulai saat ini. Daripada minum bir, lebih baik Anda minum minuman lain yang lebih sehat, seperti jus buah tanpa pemanis atau air putih.

[NB/ RVS]

2 Komentar