Sukses

Lakukan Ini agar Terhindar dari Mata Ikan

Mata ikan yang mengganggu bisa dihindari dengan cara-cara berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit mata ikan atau klavus merupakan penebalan kulit yang disebabkan oleh gesekan dan tekanan. Tak hanya mengganggu penampilan, jika tak segera diobati, mata ikan bisa bertambah parah dan menimbulkan nyeri saat berjalan atau beraktivitas.

Jadi jika Anda ingin terhindar dari mata ikan yang mengganggu, lakukan cara-cara berikut ini:

  • Pastikan ukuran sepatu Anda sudah tepat

Salah satu penyebab dari mata ikan adalah penggunaan sepatu dengan ukuran yang tidak sesuai. Sebagian besar orang (terutama wanita) “rela berkorban” menggunakan ukuran sepatu yang tidak tepat demi terlihat gaya.

Sebelum membeli sepatu, pastikan panjang dan lebarnya pas untuk kaki Anda, terutama jika ukuran kaki kanan dan kiri tidak sama. Untuk menandakan sepatu yang Anda kenakan sudah tepat, pastikan Anda masih bisa menggerakkan jari–jari kaki tanpa adanya batasan. Usahakan juga ada jarak kira–kira 1–1.5 cm antara ibu jari (atau jari kaki terpanjang) Anda dengan sepatu.

  • Hindari menggunakan sepatu yang terlalu lancip di bagian ujung jari

Yang satu ini sepertinya akan sulit dihindari bagi wanita yang gemar menggunakan sepatu hak tinggi (high heels). Menggunakan sepatu berujung lancip dan high heels memang dapat menambah rasa percaya diri. Namun, jenis sepatu ini dapat meningkatkan risiko Anda mengalami mata ikan.

Agar terhindar dari mata ikan, sebaiknya hindari penggunaan sepatu yang terlalu sempit dan menghimpit jari–jari kaki Anda.

  • Ganti sepatu Anda secara rutin

Anda memiliki sepatu kesayangan yang rutin dipakai bertahun–tahun? Meski sepatu tersebut amat bersejarah untuk Anda, mulailah pertimbangkan untuk menyingkirkannya.

Walaupun sepatu Anda tidak memberikan rasa nyeri dan nyaman digunakan, tetapi sepatu lama-kelamaan akan mengalami kerusakan dan perlu diganti dengan yang baru agar dapat menopang kaki dengan baik. Sepasang sepatu lari yang Anda gunakan untuk berolahraga setiap hari sebaiknya diganti setiap 6 bulan sekali.

Demikianlah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari penyakit mata ikan. Dengan melakukan cara–cara di atas, niscaya kaki Anda akan terbebas dari rasa nyeri akibat gangguan penyakit tersebut. Dan ingat, dalam memilih alas kaki, selain dari segi model, Anda juga harus mempertimbangkan dari segi kesehatannya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar