Sukses

Teknik Relaksasi agar Tubuh Lebih Segar dan Berenergi

Anda dapat mengatasi tubuh yang lesu gara-gara stres dengan cara-cara berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Berbagai beban hidup, mulai dari masalah keluarga, pekerjaan, hingga percintaan sering membuat stres. Hanya saja, masing-masing orang mengalami stres dengan kadar yang berbeda-beda.

Stres yang cukup parah tidak hanya memengaruhi pikiran, tetapi juga mengganggu kesehatan tubuh. Untuk membasmi stres dan membuat tubuh kembali segar dan berenergi, Anda bisa mencoba melakukan teknik relaksasi.

Teknik relaksasi adalah cara manajemen stres yang efektif, mudah, bebas efek samping, dan dapat dilakukan di mana saja. Selain mengurangi stres, teknik relaksasi juga dapat memberikan manfaat lain untuk tubuh dan pikiran.

Beberapa manfaat tersebut yaitu menurunkan laju napas, jantung, dan tekanan darah, memperbaiki fungsi pencernaan, menurunkan kadar hormon stres dalam darah, serta mengurangi ketegangan dan nyeri otot. Selain itu, teknik relaksasi dapat memperbaiki kualitas tidur dan meningkatkan rasa percaya diri.

Agar tubuh lebih segar dan berenergi, Anda bisa melakukan berbagai macam teknik relaksasi berikut ini:

  • Meditasi

Untuk mulai melakukan meditasi, Anda dapat duduk bersila di lantai dengan matras atau alas lainnya. Pejamkan mata dan jangan pikirkan apa pun. Lepaskan segala pikiran yang mengganggu Anda.

Ucapkan berulang-ulang berbagai kalimat yang positif. Misalnya: “Saya merasa damai. Saya mencintai diri saya sendiri. Saya tidak memikirkan yang lalu, tidak memikirkan yang akan datang. Saya hidup dalam masa sekarang.” Anda dapat melakukannya selama beberapa menit setiap hari.

  • Tarik napas dalam

Ketika berada dalam situasi yang tidak nyaman, merasa marah, atau stres dan tidak memiliki waktu atau tempat untuk meditasi, Anda dapat melakukan teknik relaksasi ini. Berdiam dirilah sejenak, pejamkan mata, tarik napas dalam melalui hidung, dan buang melalui mulut. Lakukan hal ini berulang kali sampai merasa lebih tenang.

  • Curhat

Berbincang-bincang dengan pasangan, keluarga, atau sahabat untuk mengeluarkan unek-unek juga merupakan salah satu teknik relaksasi. Ketika sudah dapat menceritakan perasaan terpendam kepada orang lain, Anda pasti akan merasa lebih lega.

  • Olahraga

Olahraga membantu mengeluarkan hormon endorfin yang memicu perasaan bahagia dan rileks. Anda bisa melakukan olahraga favorit. Yoga atau pilates merupakan jenis olahraga yang dapat membantu mengatur napas dan mengurangi stres.

  • Musik

Mendengarkan musik kesukaan, entah itu yang memberi semangat atau yang menenangkan, dapat membantu mengurangi stres.

  • Tertawa

Tertawa bersama pasangan, keluarga, teman, atau tertawa karena menonton tayangan yang lucu juga bisa membantu meredam stres.

  • Pijat

Pijat dapat membantu membuat otot yang tegang dan pikiran yang ruwet menjadi lebih relaks dan tenang. Efeknya akan lebih terasa bila ditemani alunan musik lembut dan aroma minyak aromaterapi.

  • Bersyukur

Di tengah masalah yang sedang menumpuk, Anda tetap perlu bersyukur. Jika memiliki masalah di pekerjaan, bersyukurlah karena masih memiliki pekerjaan. Bila memiliki masalah dengan pasangan, bersyukurlah karena masih ada keluarga dan teman yang mendukung serta mengasihi Anda.

Itulah berbagai jenis teknik relaksasi yang dapat membantu mengusir stres. Jika dilakukan dengan segera, tubuh Anda bisa menjadi lebih segar dan berenergi. Selamat mencoba!

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar