Sukses

Tidur Nyenyak Bisa Menjadi Kunci Mencegah Alzheimer

Tidur nyenyak dipercaya bisa membantu untuk mencegah alzheimer. Apa benar? Bagaimana tidur nyenyak mengurangi risiko alzheimer? Ini faktanya.

Apakah Anda sudah mendapatkan tidur nyenyak akhir-akhir ini? Jika belum, Anda perlu mengusahakannya. Selain membuat tubuh lebih berenergi di hari berikutnya, tidur nyenyak juga dapat melindungi Anda dari penyakit alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara. Penyebab pastinya masih belum diketahui secara pasti. Namun, dipercaya adanya hubungan kualitas tidur dengan kejadian alzheimer.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Tidur Nyenyak untuk Cegah Alzheimer

Sebuah penelitian observasi menunjukkan adanya hubungan kualitas tidur dengan kejadian alzheimer.

Menurut dr. Brad Dickerson, profesor neurologi di Harvard Medical School, penelitian ini menunjukkan hubungan antara tidur yang buruk dan risiko pengumpulan plak protein beta-amiloid di otak. Hal tersebut merupakan salah satu ciri penyakit alzheimer.

Studi observasional menemukan, orang dewasa berusia di atas 65 tahun dengan plak amiloid di otak memiliki fase tidur gelombang lambat yang berkurang.

Artikel lainnya: 7 Cara Agar Terhindar dari Alzheimer

Fase tidur tersebut berperan penting dalam fungsi memori, meski orang-orang ini belum menunjukkan gejala alzheimer, seperti kehilangan ingatan dan penurunan kognitif.

Otak menghilangkan protein amyloid pada saat tidur fase gelombang lambat. Jika seorang yang tertidur pada fase ini mengalami gangguan, akan terjadi penumpukan plak amiloid di otak. Penumpukan inilah yang berkaitan dengan kejadian alzheimer.

2 dari 3 halaman

Tips Tidur Nyenyak agar Anda Bebas dari Alzheimer

Jika Anda mengalami gangguan tidur, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur, yakni:

  1. Tidurlah pada jadwal yang tetap. Jadi hindari tidur pada waktu yang berbeda-beda agar tercipta pola waktu yang memudahkan untuk tidur.

Artikel lainnya: Minum Kopi Bermanfaat untuk Cegah Alzheimer, Benarkah?

  1. Perhatikan asupan makanan. Hindari makanan dan minuman berkafein sebelum tidur. Jangan pula makan berlebihan sebelum tidur.
  2. Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk beristirahat. Cobalah untuk mematikan lampu kamar dan menjaga ketenangan saat tidur, agar suasana tidur dapat optimal.
  3. Kurangi tidur saat siang hari. Waktu tidur siang hari yang berlebihan dapat mengganggu pola tidur Anda. Jadi, hindari tidur pada siang hari jika Anda ingin tidur malam yang nyenyak.
  4. Kelola stres dengan baik. Salah satu penyebab kesulitan tidur adalah stres. Jangan ragu untuk menceritakan masalah Anda ke teman dekat Anda, carilah penyelesaian masalah Anda dengan tepat.

Jika punya riwayat penyakit alzheimer dalam keluarga, lakukan langkah pencegahan dini. Anda bisa rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, bergizi, dan mengandung omega-3. Usahakan juga untuk tidur nyenyak sebagai salah satu upaya pencegahan.

Jika ingin berkonsultasi lebih jauh seputar penyakit ini dengan dokter, manfaatkan fitur Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar