Sukses

Ini Dia 3 Penyebab Utama Nyeri pada Skrotum

Jangan anggap sepele nyeri pada skrotum, karena kondisi ini bisa berdampak sangat fatal.

Klikdokter.com, Jakarta Skrotum atau lebih dikenal dengan buah zakar merupakan tempat produksi sperma pada pria. Organ ini memegang peranan penting dalam menunjang kesuburan, sehingga bila terjadi gangguan perlu segera diobati.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keluhan nyeri pada skrotum, di antaranya:

1.    Torsio testis

Selain berfungsi sebagai ‘pabrik’ sperma, testis juga terlibat dalam produksi hormon testosteron pada pria. Testis dapat menggantung pada tempatnya berkat kristal pengikat.

Pada torsio testis, kristal-kristal tersebut dapat membelit testis dan menyebabkan suplai darah terhenti. Lama-kelamaan, kondisi ini dapat menyebabkan sederet komplikasi berbahaya pada penderitanya.

2.    Epididimitis

Ini adalah peradangan yang terjadi pada saluran sperma (epididimis). Kondisi ini disebabkan oleh bakteri, sama halnya seperti Penyakit Menular Seksual (PMS) lainnya.

Orang-orang yang mengalami epididimitis akan mengalami skrotum bengkak, berwarna merah, dan terasa hangat bila diraba. Selain itu, penderita juga akan mengeluarkan sperma yang bercampur darah, terasa nyeri saat buang air kecil, dan demam.

3.    Hernia skrotalis

Hernia skrotalis merupakan kondisi yang terjadi di saat sebagian usus keluar dari rongga perut melalui dinding bawah perut ke area sekitar kelamin. Keadaan ini menyebabkan munculnya benjolan, dan rasa nyeri atau panas pada skrotum.

Di antara ketiga kondisi di atas, yang paling berbahaya dan harus ditangani segera adalah torsio testis. Ini karena torsio testis yang terjadi secara berkelanjutan dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan kematian jaringan.

Meski begitu, tak ada salahnya jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami nyeri pada skrotum. Hal ini bertujuan untuk mencegah komplikasi, yang dapat berujung pada gangguan kesuburan hingga menyebabkan kematian pada penderitanya. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar