Gigi Mulut

3 Tanda Gigi Sensitif yang Tidak Terduga

drg. Callista Argentina, 26 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Siapa sangka, ternyata 3 hal ini menjadi tanda gigi sensitif yang tidak diduga-duga.

3 Tanda Gigi Sensitif yang Tidak Terduga

Meski tak ada gigi berlubang dan selalu berusaha menjaga kesehatan area mulut, Anda bisa saja masih merasa ngilu. Jika sering mengalaminya, bisa jadi Anda sedang berurusan dengan masalah gigi sensitif.

Secara umum, Anda tanda- tanda gigi sensitif yang bisa Anda kenali dengan mudah. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Ngilu tajam ketika mengonsumsi makanan panas atau dingin Ini terjadi karena gusi yang menutupi dentin gigi sudah terbuka. Akibatnya Anda menjadi lebih sensitif terhadap rangsang panas maupun dingin. Agar tidak terjadi, Anda bisa menggunakan sedotan saat mengonsumsi minuman panas/ dingin. Untuk makanan, Anda bisa menunggunya hingga panas/ dingin pada makanan hilang sebelum melahapnya.
  2. Ngilu ketika bernapas lewat mulut Hembusan udara saat bernapas lewat mulut menyebabkan rasa ngilu pada gigi yang mengalami penurunan gusi. Meski begitu, mereka yang merasakan hal ini umumnya tidak merasa ngilu saat giginya terpapar panas/ dingin.
  3. Ngilu bila menyikat gigi Menyikat gigi terlalu kuat dapat merusak perlekatan gusi dengan gigi. Akibatnya sebagian dentin gigi terbuka akibat penurunan gusi.

Jika proses menyikat gigi tidak diperbaiki, maka bagian dentin yang terbuka akan mengalami abrasi gigi. Apa itu? Abrasi gigi adalah terkikisnya lapisan dentin yang menyebabkan gigi sensitif.

Tak hanya cara menyikat, bulu sikat yang kasar atau pasta gigi berbutir kasar juga dapat menyebabkan abrasi gigi semakin dalam. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin ngilu akibat gigi sensitif semakin sering terjadi.

Selain tiga tanda di atas, ada juga tanda lain yang didapat dari penelitian yang ditulis dalam British Dental Journal. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa pasien gigi sensitif cenderung mengalami emosi yang bercampur dengan rasa cemas dan frustrasi.

Jadi, tunggu apa lagi. Jika Anda mengalami hal-hal di atas, jangan ragu untuk berkunjung ke dokter gigi. Pasalnya, gigi sensitif bisa sangat mengganggu kualitas hidup penderitanya.

(NB/ RH)

[vidio:](https://www.vidio.com/watch/1255113-rasangiluhilang-makanan-dingin-buat-gigi-terasa-ngilu)

Konsultasi Dokter Terkait