Sukses

Nyeri pada Skrotum, Kenali 3 Penyebab Paling Sering

Simak di bawah ini, penyebab paling sering, nyeri pada skrotum yang bisa dialami pria.

Klikdokter.com, Jakarta Skrotum adalah bagian yang menggantung di bawah penis yang berisi dua testis tempat diproduksinya sperma. Terdapat banyak penyakit yang dapat menyebabkan keluhan nyeri pada skrotum.

Berikut ini adalah pemaparannya:

1. Torsio testis

Torsio testis adalah suatu kondisi testis terpuntir, sehingga menyebabkan gangguan aliran darah pada testis. Seseorang yang mengalami torsio testis akan merasa nyeri pada testis, kemerahan pada testis dan mual. Untuk mendiagnosis torsio testis, diperlukan pemeriksaan ultrasonografi doppler.

Keadaan ini cukup berbahaya dan memerlukan terapi bedah secepatnya. Jika tidak ditangani dengan cepat, torsio testis dapat menyebabkan gangguan jaringan testis, bahkan kematian jaringan.

2. Epididimitis

Epididimitis adalah infeksi pada lapisan epididimis testis, yakni saluran sperma berlekuk yang terletak di belakang testis dan berfungsi untuk menyimpan serta membawa sperma. Sebagian besar kondisi ini disebabkan oleh infeksi menular seksual, termasuk klamidia dan gonorea.

Tanda seseorang terkena epididimitis adalah nyeri yang bersifat gradual, dengan kemerahan dan pembengkakan di daerah skrotum. Gejala lain yang berhubungan dengan epididimitis termasuk mual, muntah, demam, dan nyeri buang air kecil.

Terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi epididimitis adalah pemberian antibiotik pada epididimitis yang disebabkan oleh bakteri. Pemberian anti nyeri juga diperlukan untuk mengurangi rasa sakit pada skrotum pasien.

3. Orchitis

Merupakan peradangan pada testis (zakar) pria yang biasanya dapat menyerang satu atau kedua testis. Peradangan ini terjadi sebagai reaksi atas infeksi di bagian tubuh lainnya. Orchitis dapat terjadi akibat infeksi virus, infeksi bakteri atau tanpa penyebab yang jelas.

Seorang dengan orchitis akan mengeluh adanya nyeri testis dengan intensitas ringan sampai berat, demam, testis yang membengkak dan adanya rasa nyeri saat buang air kecil. Penanganan orchitis tergantung dari penyebabnya. Jika disebabkan oleh bakteri maka pemberian antibiotik dapat dianjurkan.

Jadi, jika Anda mengalami nyeri pada skrotum, segera periksas ke dokter untuk menentukan penyebab nyeri yang dirasakan. Hati-hati, rasa nyeri di area skrotum yang tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang lebih parah lagi.

[NP/ RVS]

1 Komentar