Sukses

Kiat agar Tidak Terkena Flu Unta Saat Ibadah Umroh

Bagi Anda yang akan beribadah umroh, lindungi diri dari virus MERS-CoV penyebab flu unta, dengan cara-cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kantor Kementerian Kesehatan Saudi Arabia mengumumkan penyakit flu unta, atau disebut juga sebagai Middle East Respiration Syndrome Coronavirus (MERS-CoV), pertama kalinya pada bulan September 2012, yang kemudian banyak berkembang di negara-negara Timur Tengah. Menurut data dari Centers for Disease Control dan Prevention (CDC), 3-5 dari 10 pasien yang menderita MERS dilaporkan meninggal dunia.

Yang membuat banyak orang khawatir terhadap flu unta adalah karena belum ditemukannya vaksin untuk mencegah infeksi MERS-CoV. Pun jika seseorang tertular flu unta, biasanya mereka menerima perawatan medis untuk membantu menghilangkan gejala. Untuk kasus yang parah, perawatannya mencakup perawatan untuk mendukung fungsi organ vital.

Meskipun vaksin flu unta belum ditemukan, bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah umroh dalam waktu dekat tidak perlu khawatir. Yang terpenting, Anda mengetahui beberapa tindakan pencegahan supaya terhindar dari flu unta saat menjalankan ibadah umroh. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1.    Hindari kontak langsung dan tidak langsung dengan unta, seperti minum susu unta mentah, mengonsumsi daging unta mentah atau yang tidak dimasak hingga matang, termasuk minum air kencing unta. Hal dikarenakan MERS–CoV disebabkan oleh jenis virus yang bersifat zoonosis, yaitu infeksi virus karena kontak langsung maupun tidak langsung dengan hewan terinfeksi.

2.    Rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jika tidak ada sabun dan air mengalir di sekitar Anda, bisa juga menggunakan pembersih tangan yang memiliki kandungan alkohol (hand sanitizer).

3.    Selalu lindungi hidung dan mulut Anda dengan menggunakan tisu pada saat bersin atau batuk, lalu pastikan untuk membuatng tisu tersebut ke tempat sampah.

4.    Hindari menyentuh bagian mata, hidung, dan mulut sebelum Anda memastikan sudah mencuci tangan hingga bersih.

5.    Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit seperti berciuman, berbagi cangkir, dan alat makan lainnya.

6.    Rutin membersihkan dan disinfeksi bagian di dalam atau kamar hotel yang sering disentuh atau terpapar dengan orang lain, seperti gagang pintu, tombol lift, atau remote AC dan televisi.

7.    Menggunakan masker hidung saat Anda berpergian keluar hotel.

8.    Jangan melewatkan waktu makan. Meski jadwal ibadah selama umroh sangat padat, tetapi jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan Anda untuk melewatkan waktu makan. Selalu konsumsi makanan yang sehat dan bergizi dengan perbanyak makan sayur dan buah, serta memastikan dalam satu hari menu makanan Anda memiliki kandungan karbohidrat, protein serta lemak.

9.    Jika sedang tidak beribadah di masjid, sempatkan waktu untuk beristirahat.

10. Perbanyak asupan air putih dan hindari minuman yang dingin, termasuk es krim, agar Anda terhindar dari penurunan daya tahan tubuh dan tidak mudah sakit.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak tertular flu unta, lakukan langkah-langkah di atas. Namun jika saat sedang menjalankan ibadah umroh Anda mengalami gejala flu seperti demam, batuk, dan kesulitan untuk bernapas yang tak kunjung sembuh selama 14 hari, segera hubungi dokter di sekitar Anda. Jelaskan keluhan yang Anda alami secara lengkap untuk mendapatkan perawatan medis yang cepat dan tepat.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar