Sukses

Sering Merasa Lelah? Mungkin Anda Terkena Aritmia

Kenali gangguan aritmia yang bisa jadi kerap membuat Anda lelah.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda sering merasa lelah selama berhari-hari tanpa tahu penyebabnya? Jika iya, sepertinya Anda harus mengecek kondisi kesehatan jantung, karena hal ini mungkin saja menjadi penyebab utama penyakit aritmia.

Untuk diketahui, jantung manusia terus bekerja karena otomatisitas sistem listrik. Sistem listrik jantung terdiri dari generator listrik alamiah yaitu nodus sinoartrial (SA) dan jaringan konduksi listrik dari atrium ke ventrikel. Gangguan pada pembentukan atau penjalaran impuls listrik inilah yang menimbulkan penyakit aritmia.

Meski jantung berdebar adalah gejala paling umum dari aritmia, menurut Ketua Indonesian Heart System Society, dr. Dicky Armein Hanafy, SpJK (K) FIHA, sering lelah juga bisa menjadi salah satu gejala yang sering terjadi.

“Bahkan 20 %  chronic fatigue syndrom (CFS) sebenarnya disebabkan oleh aritmia. Tapi kalau (chronic fatigue syndrom) sudah berlanjut berhari-hari, itu mesti kita pikirkan ada penyebab lain, bukan hanya rasa malas saja tapi mungkin disebabkan adanya aritmia,” ujarnya.

“Sebenarnya yang paling banyak adalah pasien yang cepat capek tanpa tahu kenapa, mau olahraga kok malas, mau aktivitas juga malas, itu sebenarnya keluhan yang paling sering ditemui. Tapi tidak selalu hal ini karena aritmia,” imbuhnya.

Secara garis besar aritmia terdiri dari 2 kelompok yaitu, bradiaritmia yang merupakan laju jantung yang terlalu lambat (kurang dari 60 kali per menit) dan takiaritmia yang merupakan laju jantung  yang terlalu cepat (lebih dari 100 kali per menit).

Pada umumnya penyakit aritmia harus diterapi untuk mencegah kondisi yang lebih buruk. Untuk mendiagnosis aritmia dapat dilakukan dengan sinyal listrik jantung yang biasa disebut Electrocardiogram (ECG). Segera periksakan diri ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah apabila Anda sering mengalami rasa lelah atau gejala aritmia lainnya. Terapi yang diberikan akan tergantung pada jenis aritmia yang Anda alami.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar