Sukses

Risiko Minum Soda Setelah Olahraga

Beberapa orang kerap mengonsumsi minuman bersoda setelah olahraga tanpa mengetahui efek dibaliknya, Hati-hati, ini beberapa kemungkinan yang terjadi:

Setelah berolahraga cukup berat, tubuh tentu merasa lelah dan gerah. Tak hanya itu, tenggorokan juga diserang rasa haus setelah tubuh mengeluarkan banyak cairan lewat keringat. 

Mengonsumsi sesuatu yang segar seperti minuman bersoda sepertinya menggiurkan. Tetapi, tunggu dulu, apa boleh minum minuman soda setelah olahraga? Ya, Anda harus berhati-hati dalam memilih minuman setelah olahraga. Sebab, mengonsumsi soda usai olahraga dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu. 

Tentu Anda tidak mau, kan, minum soda setelah olahraga malah jadi merugikan kesehatan. Untuk tahu apa saja alasannya dan dampak kesehatan apa yang harus diwaspadai, simak pembahasan lengkap berikut ini 

1 dari 4 halaman

1. Menurunkan Performa Olahraga

Faktanya, minum soda usai latihan berisiko menurunkan performa olahraga. Karena bagi sebagian orang, minuman bersoda memicu perut jadi kembung dan tak nyaman. Terlebih, kondisi ini sering terjadi kepada orang dengan riwayat keluhan lambung

Jika dikonsumsi terlalu banyak dalam waktu singkat, soda mengakibatkan produksi gas di lambung meningkat. Hasilnya, perut terasa kembung atau begah. Kondisi tidak nyaman ini juga bisa terjadi walau hanya minum soda dalam jumlah sedikit, ya.

Dengan efek samping demikian, Anda mungkin merasa tidak nyaman untuk melanjutkan sesi latihan. Dampaknya, performa olahraga jadi menurun dan konsentrasi pikiran jadi terganggu. Apabila olahraga tetap dipaksakan, Anda bisa saja mengalami cedera.

Artikel Lainnya: Manfaat dan Bahaya Minuman Bersoda bagi Kesehatan Tubuh Anda

2. Menambah Berat Badan

Olahraga merupakan salah satu cara efektif untuk mengontrol atau menurunkan berat badan. Mengonsumsi minuman bersoda setelah berolahraga, terlebih dalam jumlah banyak, justru memberikan asupan kalori berlebih bagi tubuh. Akibatnya, kalori yang masuk malah lebih banyak daripada yang dibakar.

Umumnya, minuman bersoda memiliki jumlah kalori yang tinggi. Apabila Anda latihan dan membakar 250 kalori, lalu setelahnya minum soda yang mengandung 300 kalori, manfaat dari olahraga tentunya jadi sia-sia. Seandainya kebiasaan ini diteruskan, siap-siap terkejut dengan timbangan berat badan Anda!

2 dari 4 halaman

3. Kadar Gula Darah Tidak Stabil

Aktivitas olahraga dapat membuat kadar gula darah menurun. Dengan mengonsumsi minuman bersoda setelah olahraga, maka kadar gula darah bisa langsung meningkat. 

Kondisi ini terjadi karena minuman bersoda mengandung karbohidrat simpleks yang cepat menaikkan kadar gula darah. Kendati demikian, kadar gula darah tersebut juga cepat menurun kembali. 

Akibatnya, Anda akan merasa lapar dan ingin makan lebih banyak dalam waktu berdekatan. Efeknya, bukannya membuat badan segar, minum soda setelah olahraga malah bikin Anda makan dalam jumlah banyak. 

Artikel Lainnya: Kenali Mitos dan Fakta Seputar Minuman Bersoda

3 dari 4 halaman

Lalu, Bolehkah Minum Soda Setelah Olahraga?

Berdasarkan penjelasan di atas, minum soda setelah latihan lebih banyak mendatangkan dampak negatif terhadap tubuh. Studi terbaru juga menghubungan risiko kerusakan ginjal dan konsumsi minuman bersoda setelah olahraga. 

Anda juga harus tahu, setelah berolahraga tubuh akan kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Minuman bersoda seringkali hanya mengandung kadar gula tinggi tanpa kandungan elektrolit. Maka, semakin jelas kalau minum soda pasca berolahraga bukanlah pilihan yang tepat.

Sebaiknya, minum air putih atau air mineral setelah berolahraga.  Air putih lebih sesuai dengan kebutuhan tubuh pasca berolahraga. Dibandingkan dengan minuman olahraga lainnya, air putih juga tidak membuat tubuh mendapat asupan elektrolit berlebihan.

Tetap ingin minum minuman bersoda setelah olahraga? Boleh saja. Namun, kembalikan dulu hidrasi tubuh yang hilang dengan minum  air putih. Agar lebih aman lagi, konsumsi minuman bersoda kira-kira 2-3 jam pasca berolahraga.

Demikianlah pembahasan seputar minum soda setelah olahraga. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan ini, sebaiknya segera diubah! Dengan begitu, manfaat olahraga akan terasa dan dampak negatif terhadap tubuh bisa dihindari. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter!

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar