Sukses

Fakta di Balik Mitos Populer Seputar Olahraga Kardio

Tak sedikit mitos keliru yang beredar seputar olahraga kardio. Cari tahu fakta di balik mitos tersebut, agar Anda tidak salah dalam melakukan olahraga ini!

Olahraga kardio merupakan jenis aktivitas fisik yang bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung. Jenis olahraga ini juga terbukti dapat menjaga kesehatan jantung dan paru, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, serta memperbaiki kualitas tidur.

Kendati memiliki segudang manfaat menyehatkan, olahraga kardio masih diselimuti berbagai mitos menyesatkan. 

Berikut beberapa mitos olahraga kardio beserta fakta medis yang sebenarnya: 

1 dari 4 halaman

1. Mitos: Olahraga Kardio Harus Dilakukan Sebagai Pemanasan

Banyak yang mengawali kegiatan olahraga dengan gerakan kardio. Hal ini dilakukan karena jenis olahraga tersebut dapat membantu ‘menghangatkan’ tubuh. Padahal kenyataannya tidaklah demikian.

Faktanya, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research mengungkapkan, olahraga kardio dapat memengaruhi kekuatan tubuh. 

Periset mendapati adanya penurunan kekuatan otot setelah seseorang melakukan olahraga kardio di treadmill. Hal ini membuat tubuh tidak bisa banyak bergerak saat melakukan aerobik.

Artikel lainnya: Ini Dia 5 Jenis Olahraga Kardio Selain Lari, Apa Saja?

2. Mitos: High-Intensity Interval Training (HIIT) Adalah Cara Terbaik Membakar Lemak

Faktanya, HIIT merupakan bentuk olahraga kardio yang menggunakan kombinasi latihan intensitas tinggi dengan sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. 

Metode tersebut memang bisa meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori per menit. Namun, HIIT bukanlah langkah terbaik untuk membakar lemak di dalam tubuh. 

Selama menerapkan metode itu, sebagian besar kalori yang terbakar berasal dari non-lemak — misalnya karbohidrat atau protein. Latihan HIIT itu sendiri menggunakan karbohidrat sebagai sumber bahan bakar yang dominan, karena merupakan aktivitas dengan intensitas tinggi (anaerobik).

2 dari 4 halaman

3. Mitos: Fast Cardio Adalah yang Terbaik

Istilah fast cardio mengacu pada aktivitas kardio yang dilakukan saat perut kosong. Beberapa orang meyakini, tindakan ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Sayangnya, hal tersebut dibantah oleh penelitian. Sebuah studi di Journal of the International Society of Sports Nutrition menyebut, baik dilakukan saat perut kosong ataupun tidak, penurunan berat badan yang dirasakan tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. 

Temuan tersebut mendukung gagasan bahwa perubahan kondisi tubuh tidak terpengaruh dari adanya kegiatan makan atau tidak sebelum berolahraga.

Artikel lainnya: Benarkah Olahraga Kardio Tidak Efektif Kecilkan Perut?

4. Mitos: Olahraga Kardio di bawah Satu Jam Tidak Akan Berguna

Ini salah satu mitos olahraga kardio yang masih banyak dipercaya orang. Tentunya, hal ini tidak benar. Semua gerakan tubuh dapat bermanfaat dalam pembakaran kalori berapa pun lamanya.

Bahkan, American Heart Association mengatakan bahwa tiga sesi kardio dengan intensitas tinggi yang dilakukan selama 20 menit sama dengan lima sesi kardio selama 30 menit dengan intensitas sedang.

3 dari 4 halaman

5. Mitos: Kardio adalah yang Anda butuhkan

Olahraga kardio memang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa menyalahgunakannya. 

Jangan karena Anda pecandu kardio, lantas hanya melakukan latihan tersebut saja. Faktanya, terlalu banyak kardio tanpa latihan kekuatan dan pengondisian yang tepat dapat meningkatkan risiko nyeri sendi, otot, dan cedera.

Jadi, untuk rutinitas olahraga yang baik, Anda dianjurkan untuk menggabungkan beberapa latihan kekuatan dan peregangan sehingga risiko-risiko tersebut di atas dapat dihindari.

Itu dia beberapa fakta di balik mitos seputar olahraga kardio yang wajib Anda ketahui. Lakukanlah olahraga ini bersamaan dengan penerapan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta istirahat cukup. Dengan begini, manfaat sehatnya dapat terus Anda rasakan.

Jika punya pertanyaan mengenai olahraga kardio atau jenis lainnya, tak perlu ragu untuk konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar