HomeInfo SehatPernapasanIngin Paru-paru Sehat? Anda Perlu Konsumsi Ini
Pernapasan

Ingin Paru-paru Sehat? Anda Perlu Konsumsi Ini

Gerardus Septian Kalis, 24 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beberapa makanan ini dapat membantu menyehatkan paru-paru Anda.

Ingin Paru-paru Sehat? Anda Perlu Konsumsi Ini

Paru-paru merupakan salah satu organ vital manusia. Organ yang mempunyai peran utama dalam sistem pernapasan ini bertugas mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika paru-paru mengalami gangguan, maka aliran oksigen dapat terganggu dan meningkatkan risiko penyakit paru-paru.

Karena itu, Anda perlu senantiasa menjaga kesehatan paru-paru. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan paru-paru yaitu melakukan olahraga secara teratur, menghindari paparan polusi, dan mengonsumsi makanan sehat.

Terkait makanan, berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru Anda:

  1. Apel

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa orang-orang yang makan dua sampai lima apel dalam seminggu memiliki risiko asma 32 persen lebih rendah, dibandingkan orang yang makan apel lebih sedikit. Senyawa flavonoid dianggap bertanggung jawab atas menurunnya risiko penyakit asma.

  1. Blewah

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat menangkal kerusakan paru dengan melawan radikal bebas. Sebuah studi tentang anak-anak prasekolah di Jepang menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan vitamin C tinggi cenderung terhindar dari asma. Meskipun vitamin C dapat ditemukan pada banyak buah dan sayuran, kandungan vitamin C yang melimpah dapat ditemukan pada blewah, jeruk, kiwi, brokoli, dan kubis.

  1. Wortel

Wortel terkenal akan kandungan beta-karoten. Sebuah studi menunjukkan bahwa beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dapat mengurangi kejadian asma akibat olahraga. Selain itu, wortel dipercaya dapat menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, wortel juga dapat membantu menurunkan penyakit jantung, kanker, dan alzheimer. Tidak hanya wortel, beta-karoten juga dapat ditemukan pada buah dan sayuran yang memiliki warna cerah seperti paprika hijau, buah persik, dan ubi jalar.

  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki khasiat antiinflamasi. Banyak orang yang menggunakannya untuk mengatasi wasir sampai infeksi virus. Antioksidan yang terdapat di bawang putih, yaitu allicin, telah terbukti menghasilkan asam yang dapat menghancurkan radikal bebas.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung glutathione, antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru. Ingat pula untuk selalu memastikan udara yang masuk ke dalam rumah adalah udara sehat. Selain itu, sebagai upaya preventif, pakailah masker untuk menghindari paparan polusi di ruang terbuka.

[BA/ RVS]

Kesehatan paru-parusehatParu-paru

Konsultasi Dokter Terkait