HomePsikologiKesehatan MentalJeon Tae Soo Meninggal, Diduga akibat Depresi
Kesehatan Mental

Jeon Tae Soo Meninggal, Diduga akibat Depresi

Nur Budhi, 23 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Artis Korea, Joon Tae Soo, dikabarkan meninggal dunia akibat mengalami depresi berkepanjangan.

Jeon Tae Soo Meninggal, Diduga akibat Depresi

Dunia hiburan kembali berduka. Seorang bintang drama Korea, Jeon Tae Soo, meninggal dunia, Minggu (21/01/2018) lalu. Adik dari Ha Ji Won ini mengembuskan napas terakhirnya, diduga akibat depresi berkepanjangan yang dialaminya.

Kabar meninggalnya Joen Tae Soo dikonfirmasi oleh pihak agensi yang menaunginya, Haewadal Entertainment.

“Jeon Tae Soo telah meninggalkan dunia ini pada 21 Januari, di usia 34 tahun. Dia sedang menjalani perawatan terkait depresi yang dialaminya,” kata salah seorang anggota agensi tersebut.

Seperti dikutip Korea Herald, Jeon Tae Soo memiliki minat yang tinggi pada dunia akting. Pria yang terkenal lewat drama Korea berjudul Sungkyunkwan Scandal (2010) ini berencana kembali ke dunia hiburan, setelah diketahui kondisinya mulai membaik.

“Karena kondisinya tampak membaik, (dia) baru saja melakukan diskusi untuk proyek berikutnya sebagai seorang aktor,” tambah pihak agensi, tanpa menyebutkan penyebab pasti kematian bintang drama Korea berjudul All My Love (2010) itu.

Fenomena depresi di Korea Selatan

Depresi seakan terus mewabah di Korea Selatan. Menurut Mark McDonald dari New York Times, Negara Ginseng ini seperti tengah dilanda pemerosotan mental (nervous breakdown) dalam skala nasional.

Hal itu dituding karena penduduk Korea Selatan terus dilanda stres berlebihan, perasaan tertekan, dan kecemasan akibat berbagai faktor. Mulai dari beban pekerjaan, hingga tuntutan akademik yang tinggi. Keadaan ini membuat Korea Selatan memiliki angka bunuh diri yang paling tinggi di antara negara-negara lainnya.

Mengutip liputan6.com, lebih dari 30 penduduk Korea Selatan bunuh diri setiap hari. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa bunuh diri di kalangan entertainer adalah kasus yang ‘biasa’ terjadi di Korea Selatan.

Menurut dr. Reza Fahlevi, kondisi depresi pada dasarnya bisa ditangkal dengan cara sederhana, seperti menerapkan gaya hidup sehat, bersikap terbuka baik terhadap pasangan maupun keluarga, menghindari pemicu konflik dan menjalankan hobi yang Anda suka.

Nah, semoga kiat sederhana di atas, bisa menjauhkan Anda dari gejala depresi yang menimpa Jeon Tae Soo. Memperhatikan kesehatan mental juga merupakan hal yang sangat penting. Karena itu, jika Anda mengalami kondisi yang merujuk pada depresi, segera berkonsultasilah dengan psikolog atau psikiater, agar segera mendapatkan solusi terbaik.

[RVS]

DepresiJeon Tae Soo Meninggalnervous breakdown

Konsultasi Dokter Terkait