Sukses

Sering Berkeringat di Malam Hari, Apa Penyebabnya?

Sering berkeringat di malam hari? Anda mungkin menderita salah satu penyakit ini.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah berkeringat di malam hari, meski suhu ruangan sedang dingin? Jika ya, Anda perlu waspada. Pada dasarnya, berkeringat adalah sesuatu yang pasti dialami setiap orang. Akan tetapi bila sering berkeringat di malam hari, Anda perlu segera melakukan medical checkup.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan keringat muncul berlebihan di malam hari:

  1. Konsumsi obat-obatan

Obat antidepresan adalah obat yang paling sering dikaitkan dengan keringat muncul berlebihan di malam hari. Selain itu, kondisi tersebut juga dikaitkan dengan penggunaan obat untuk gangguan kejiwaan, obat penghilang demam seperti acetaminophen, atau obat pereda nyeri seperti ibuprofen.

  1. Kadar gula darah rendah

Bagi orang dengan diabetes tipe 1, terbangun sepanjang malam dalam keadaan panas adalah cara tubuh untuk memberi tahu bahwa kadar gula dalam darah rendah. Jika telat menyuntikkan jumlah insulin yang tepat sebelum tidur, maka gejala yang biasanya muncul adalah sakit kepala dan mengalami mimpi buruk. Untungnya, keringat malam jenis ini bisa diobati dengan mengonsumsi camilan.

  1. Mengalami infeksi

Jika keringat di malam hari terjadi secara teratur dan menjadi lebih parah dari hari ke hari, ini adalah pertanda masalah kesehatan yang cukup serius. Hal ini bisa menjadi gejala infeksi bakteri seperti endokarditis (peradangan katup jantung), osteomielitis (radang tulang), atau gejala awal HIV.

  1. Adanya kanker

Keringat malam yang kronis merupakan tanda limfoma (kanker yang terjadi pada kelenjar getah bening). Namun penting untuk diketahui bahwa semua jenis kanker juga menunjukkan gejala lain selain berkeringat. Sebelum menjadi lebih parah, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

  1. Menopause

Saat mengalami menopause, perempuan sering berkeringat di malam hari. Keringat malam pada wanita menopause dikenal dengan sebutan hot flashes.

Kondisi ini menyebabkan rasa hangat secara tiba-tiba, yang dimulai dari daerah wajah, leher dan dada. Kulit di daerah pipi pun menjadi kemerahan, dengan diikuti keluarnya keringat. Bahkan terkadang, jantung berdebar kencang atau tubuh menggigil.

Tidak setiap kasus berkeringat di malam hari dikaitkan dengan masalah kesehatan. Dalam banyak situasi, kepanasan di tempat tidur berkaitan dengan berkeringat berlebih tanpa alasan yang dapat dikenali. Keringat yang muncul biasanya hanya terjadi di satu area saja seperti lengan, ketiak, kaki atau wajah. Sementara itu, keringat di malam hari dapat dicegah dengan menunda konsumsi kafein dan makanan pedas sebelum tidur.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar