Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan UmumMenelan Air Laut Bisa Picu Gangguan Kesehatan Ini
Kesehatan Umum

Menelan Air Laut Bisa Picu Gangguan Kesehatan Ini

Gerardus Septian Kalis, 22 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak sengaja menelan air laut bisa memicu beberapa gangguan kesehatan.

Menelan Air Laut Bisa Picu Gangguan Kesehatan Ini

Bagi Anda yang gemar melakukan olahraga air terutama di laut, mulai saat ini Anda harus lebih berhati-hati.  Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa air laut dapat membawa bakteri yang tahan terhadap antibiotik.

Menurut Anne Leonard, ahli epidemiologi di University of Exeter Medical School dan periset studi tersebut, sampel tinja yang diteliti dari sekitar 300 orang menemukan bahwa 9% peselancar membawa bakteri E. coli yang tahan terhadap sefotaksim, antibiotik yang biasanya diresepkan untuk membunuh bakteri.

Zat berbahaya dari air limbah

Leonard mengatakan, hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara resistensi antibiotik dengan aktivitas yang dilakukan seseorang di laut. Menurutnya, praktik pengolahan air limbah saat ini dapat membawa zat-zat berbahaya ke dalam laut, terutama setelah hujan lebat.

Karena penelitan ini dilakukan di Inggris, hasilnya mungkin berbeda dari satu negara dengan negara lain. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk memahami bagaimana resistensi antiobiotik terkait dengan kondisi lingkungan. 

“Memahami penyebaran penyakit dapat membantu kita untuk mengembangkan intervensi yang efektif untuk mengurangi penyebaran bakteri,” kata Leonard.

Kerja ginjal meningkat

Selain itu, ada bahaya lain yang juga harus diwaspadai. Ketika Anda menelan air (garam) laut, kerja ginjal akan meningkat karena harus menyaring darah yang mengandung garam. Untuk membuang garam melalui urine, tubuh membutuhkan banyak air. Namun, apabila ginjal Anda dibanjiri oleh air, hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius hingga kematian.

Asupan jangka panjang dari garam juga dapat menyebabkan dehidrasi berat yang memicu efek serius. Dehidrasi berat ini dapat membuat Anda mengalami halusinasi dan mengigau. Bahkan, dampak terburuknya adalah dapat membuat Anda hilang kesadaran hingga kejang-kejang. Jika Anda kehilangan 15% dari total air yang ada di dalam tubuh, Anda memiliki risiko tinggi untuk mengalami koma, kerusakan otak hingga kematian.

Temuan ini, menurut Leonard, tak perlu membuat para peselancar ciut. Malahan, penelitian ini dimaksudkan untuk membantu orang membuat keputusan yang tepat kapan harus beraktivitas di laut. Ia juga menyarankan untuk menghindari air laut segera setelah hujan lebat.

[RS/ RVS]

Air LautginjalgaramMenelan Air Laut

Konsultasi Dokter Terkait