HomeInfo SehatKesehatan UmumKenali Kondisi Kesehatan dari Gangguan Tidur
Kesehatan Umum

Kenali Kondisi Kesehatan dari Gangguan Tidur

Gerardus Septian Kalis, 20 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berikut ini beberapa gangguan tidur yang dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda.

Kenali Kondisi Kesehatan dari Gangguan Tidur

Gangguan tidur adalah kelainan yang bisa menyebabkan masalah pada pola tidur. Perubahan pola tidur ini dapat berupa sering terbangun di malam hari atau ketidakmampuan untuk kembali tidur setelah terbangun.

Dua hal yang biasanya memicu gangguan tidur adalah gaya hidup dan kondisi lingkungan. Namun, tahukah Anda bahwa gangguan tidur yang Anda alami dapat menggambarkan kondisi kesehatan?

Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan tidur yang harus Anda kenali:

1. Aktif bergerak

Saat tubuh memasuki fase REM (rapid eye movement), seseorang akan lebih aktif untuk bermimpi. Mereka yang mengalami gangguan perilaku REM, tubuhnya tetap dapat bergerak walaupun sedang bermimpi. Hal ini sering menyebabkan mereka menjerit, memukul, atau lompat dari tempat tidur.

Gangguan perilaku REM ini dapat menimbulkan risiko fisik bagi orang-orang yang tidur di sekitarnya. Untuk mengurangi gejala REM, Anda harus menciptakan kondisi lingkungan tidur yang lebih nyaman.

2. Mendengkur

Mendengkur tidak hanya mengganggu orang-orang di sekitar Anda, tetapi juga dapat membuat Anda terbangun dari tidur pulas. Mendengkur kronis yang disertai dengan terengah-engah, bisa menjadi pertanda bahwa Anda menderita obstructive sleep apnea (OSA).

OSA adalah salah satu kelainan tidur yang apabila tidak diobati akan menimbulkan penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup dengan menjaga berat badan tetap ideal dan berhenti merokok.

3. Berkeringat pada malam hari

Keringat malam bisa menjadi pertanda beberapa kondisi kesehatan, mulai dari yang ringan sampai yang serius.

Keringat malam sesekali dapat menjadi gejala stres atau reaksi terhadap mimpi buruk. Selain itu, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh juga bisa memengaruhi. Keringat pada malam hari bahkan bisa menjadi gejala dari beberapa jenis kanker, termasuk limfoma dan leukemia.

Jika Anda tidur di lingkungan yang sejuk dan masih mengeluarkan keringat di malam hari secara rutin, segera bicarakan gejala ini dengan dokter.

4. Sering buang air kecil

Seiring bertambahnya usia, frekuensi Anda untuk pergi ke kamar mandi saat malam hari adalah sesuatu yang wajar. Hal ini bisa dikurangi dengan membatasi konsumsi cairan sesaat sebelum tidur.

Akan tetapi, jika Anda sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil lebih dari dua kali, ini bisa menjadi sinyal negatif bagi kesehatan. Sering buang air kecil di malam hari dapat menjadi pertanda adanya pembesaran prostat atau gejala diabetes.

Nah, itulah beberapa gangguan tidur yang bisa menggambarkan kondisi kesehatan Anda. Jagalah jadwal tidur dan bangun Anda pada waktu yang sama setiap hari. Pastikan untuk menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, gelap dan tenang.

[RS/ RVS]

tidurkondisi kesehatanGangguan Tidur

Konsultasi Dokter Terkait