Sukses

Pengganti Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes

Ingin makan atau minum yang manis-manis? Inilah daftar pengganti gula yang aman untuk penderita diabetes.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki diabetes tak serta-merta membuat Anda harus berhenti mengonsumsi makanan atau minuman manis. Anda tetap dapat menikmatinya dengan mengganti gula pasir (sukrosa) dengan pemanis rendah kalori. Makanan dan minuman bisa tetap enak di lidah, tanpa takut kadar gula darah meningkat.

Inilah daftar pengganti gula pasir atau pemanis yang sudah terbukti aman untuk penderita diabetes:

1. Xylitol

Meski tergolong gula alkohol, xylitol tidak mengandung alkohol, melainkan rantai kimianya mengandung tambahan rantai alkohol “–OH”. Derajat rasa manisnya mirip gula pasir. Kandungan kalorinya pun hanya 40% dari kalori gula pasir.

Karena tak mengandung fruktosa, xylitol tidak meningkatkan kadar gula darah. Anda pun bisa mendapatkan manfaat dari xylitol, yaitu menurunkan risiko gigi berlubang dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

2. Erythritol

Sama seperti xylitol, erythritol juga tergolong gula alkohol. Bedanya, kandungan kalori erythritol jauh lebih rendah, yakni hanya 6% dari kalori gula pasir. Karena itu, pemanis ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti gula untuk penderita diabetes. Erythritol pun tergolong aman dan sangat jarang menimbulkan efek samping.

3. Sakarin

Sakarin banyak dipakai sebagai pemanis makanan kemasan atau siap saji. Awalnya, sakarin sempat ditakutkan menyebabkan kanker, tetapi kini telah dinyatakan aman oleh Food and Drug Association (FDA) untuk digunakan sebagai pemanis bagi penderita diabetes. Meski demikian, penggunaannya pada bayi, anak-anak, dan ibu hamil tetap harus dibatasi.

4. Stevia

Stevia merupakan pemanis alami tak berkalori, yang berasal dari ekstrak daun stevia. Selain sebagai pemanis minuman, stevia juga bisa digunakan untuk memasak dan membuat kue.

Hingga kini, stevia mungkin menjadi satu-satunya pemanis yang dapat secara langsung menurunkan kadar gula dan tekanan darah. Pemanis ini pun aman untuk dikonsumsi jangka panjang tanpa efek samping.

5. Sukralosa

Sukralosa merupakan pemanis yang kini banyak digunakan penderita diabetes. Ini karena sukralosa tergolong aman, rendah kalori, mudah diproduksi, dan harganya terjangkau. Sama seperti stevia, sukralosa juga bisa digunakan sebagai pemanis minuman maupun untuk memasak.

Itulah daftar pengganti gula yang aman untuk penderita diabetes. Keamanannya cukup terjamin sebab semua pemanis tersebut telah diuji dan dikaji ulang sebelum dipasarkan. Efek samping pun jarang ditemukan selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

[RS/ RVS]

1 Komentar

  • Chaerun Anbiya

    saya pngidap diabetes kering knpa kepala sering pusing ky drh tinggi,trus jari-jari kaki sering kesemutan apakah ini efek dari diabetes /kolesterol ya dokter