Sukses

Hati-Hati, Ancaman Bakteri dari Mesin Pengering Tangan

Mesin pengering tangan yang digunakan setelah cuci tangan, ternyata bisa menjadi sarang bakteri penyebab penyakit. Simak selengkapnya di sini.

Sebagian restoran dan toilet umum di mal atau gedung perkantoran lebih memilih untuk memasang mesin pengering tangan dibanding harus mengeluarkan kocek lebih untuk menyediakan tisu. Anda pastinya pernah menggunakan alat ini sesudah cuci tangan, kan? 

Penggunaan mesin pengering tangan dianggap lebih higienis ketimbang dengan handuk tangan. Namun, sayangnya, ada bahaya pengering tangan yang kerap tidak kita sadari. Apa dampak kesehatan dari penggunaan alat ini? 

1 dari 3 halaman

Bahaya di Balik Mesin Pengering Tangan

Para ilmuwan dari University of Leeds di Inggris telah menemukan fakta bahwa mesin udara bertenaga tinggi tersebut dapat menyebarkan bakteri.

Hasil penelitian yang mereka lakukan memperlihatkan bahwa jumlah kuman di udara yang berada di sekitar mesin pengering tangan berjumlah 27 kali lebih banyak daripada di sekitar handuk kertas atau tisu. Hal ini terjadi karena saat mengeringkan tangan, bakteri di tangan Anda akan terhempas ke udara.

Bakteri tersebut akan bertahan selama 15 menit dan dapat dengan mudah mengenai pengguna atau orang terdekat yang berjarak satu atau dua meter. 

Menurut peneliti, saat mengeringkan tangan Anda akan menyebarkan bakteri tanpa menyadarinya, serta berpotensi menularkan penyakit dari satu tangan ke tangan lainnya.

2 dari 3 halaman

Cara Mengeringkan Tangan yang Aman dan Sehat

Sekarang Anda sudah tahu mengenai bahaya pengering tangan. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengeringkan tangan?

Sebenarnya, cara yang paling baik untuk mengeringkan tangan masih belum jelas karena masih sedikit penelitian mengenai hal ini. Meski demikian, penelitian sudah menunjukkan bahwa mengeringkan tangan dengan handuk bersih lebih baik daripada menggunakan mesin pengering tangan.  

Artikel Lainnya: Mengeringkan Tangan dengan Tisu dan Hand Dryer, Mana Lebih Aman?

Mengeringkan tangan adalah bagian yang sangat penting dalam mencuci tangan. Bakteri, virus dan kuman akan mudah berkembang pada daerah yang lembap. Karena itu, ketahuilah cara mengeringkan tangan yang benar berikut ini:  

1. Cucilah Tangan Anda dengan Air Mengalir dan Menggunakan Sabun Selama Minimal 20 Detik

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mencuci tangan selama 20 detik adalah waktu yang paling efektif untuk membersihkan kuman. Rekomendasi mencuci tangan ini juga sudah menjadi standar Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Bersihkan seluruh tangan sampai ke sela-sela jari dan punggung tangan. 

2. Tutuplah Botol Hand Sanitizer dengan Rapat Setelah Digunakan

Botol hand sanitizer yang tidak rapat berisiko terkontaminasi bakteri atau virus dari luar. Alhasil, penggunaan hand sanitizer Anda bisa menjadi tidak maksimal. 

3. Gunakan Tisu Sekali Pakai untuk Mengeringkan Tangan 

Di tempat-tempat publik, sebaiknya Anda mengambil tisu sekali pakai yang disediakan daripada menggunakan mesin pengering tangan. Namun, akan lebih baik lagi apabila Anda membawa tisu sendiri dari rumah. 

Artikel Lainnya: 10 Kebiasaan Tidak Sehat yang Sering Anda Lakukan

4. Apabila Anda Menggunakan Handuk Tangan di Rumah, Gantilah Secara Berkala

Semakin banyaknya orang yang menggunakan handuk tangan tersebut, semakin banyak jumlah bakteri. Karena itu, pastikan Anda mengganti handuk tangan secara teratur. 

5. Pastikan Kuku dan Sela-Sela Jari Juga Terkena Lap Saat Mengeringkan Tangan 

Gosoklah perlahan satu per satu ujung-ujung jari sampai kering benar. Jangan terburu-buru. Dengan demikian, kulit Anda tidak akan lembap dan menjadi sarang berbagai jenis kuman. 

Pada masa pandemi corona ini, sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan tangan yang baik dengan benar. Mulai dari cara mencuci tangan sampai mengeringkannya. Tangan yang tidak tercuci dengan benar dapat mudah menularkan virus dan bakteri. Begitu juga tangan yang tidak kering sempurna.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kesehatan imun tubuh dengan istirahat teratur dan makan makanan bergizi. Bawalah hand sanitizer ke manapun Anda pergi. Namun, tetap utamakan mencuci tangan dengan air bersih. 

Baca artikel kesehatan yang menarik lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar