Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Tak Hanya Nikmat, Ini Manfaat Orgasme bagi Kesehatan

Orgasme bukan hanya memberi kepuasan pada kedua pasangan. Lebih dari itu, orgasme juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Setiap pasangan suami istri pasti ingin selalu mencapai orgasme saat melakukan hubungan seksual. Karena selain memberikan kepuasan bagi kedua belah pihak, orgasme juga dapat mendatangkan sederet manfaat sehat. 

Apa saja manfaat orgasme bagi kesehatan? Berikut ini lima di antaranya:

1 dari 5 halaman

1. Melawan Insomnia

Tahukah Anda, manfaat orgasme dinilai mampu melawan insomsia? Penelitian yang dilakukan di Amerika mendapatkan hasil bahwa 32 persen wanita lebih mudah tertidur setelah mengalami orgasme.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bisa dibilang, seks merupakan salah satu cara yang baik untuk mencegah infeksi virus ringan, seperti common cold. Peneliti juga menyimpulkan bahwa mereka yang melakukan hubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki kadar imunoglobulin 30 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak melakukan. 

Karena itulah, manfaat orgasme juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda, sehingga tidak mudah sakit.

Artikel Lainnya: Bisakah Merasakan Orgasme Puting dari Hubungan Seks? Ini Jawabannya! 

3. Mengurangi Ambang Nyeri

Sebuah penelitian menyebutkan, orgasme diketahui mampu meningkatkan ambang batas nyeri seseorang. Orgasme merupakan obat alami yang paling ampuh untuk mengatasi nyeri. 

Ini karena saat orgasme, tubuh melepaskan hormon oksitosin dan edorfin. Kedua hormon tersebut berperan dalam meringankan rasa nyeri yang Anda rasakan.

2 dari 5 halaman

4. Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sex & Marital Therapy menunjukkan bahwa rutin berhubungan seksual dan orgasme, baik dengan pasangan atau sendiri, telah dikaitkan dengan lingkar pinggul dan pinggang yang lebih kecil baik untuk pria maupun wanita. 

Selain berpengaruh terhadap berat badan, orgasme dapat membantu menurunkan risiko masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

5. Mengobati Stres

Salah satu manfaat orgasme adalah dapat mengendalikan stres yang Anda alami. Orgasme melepaskan endorfin, yang juga dikenal sebagai hormon bahagia. Tak heran, seseorang yang bahagia di ranjang tidak akan mengalami stres semasa hidupnya.

Artikel Lainnya: Tak Disangka, Ini Manfaat Seks BDSM bagi Kesehatan 

6. Menstimulasi Kerja Otak

Normalnya, otak akan merespons rangsangan seksual dan orgasme. Para peneliti menemukan bahwa orgasme meningkatkan aliran darah ke begitu banyak area otak, sehingga otak akan berkali lipat meningkat daya kerjanya. 

Dengan peningkatan aliran darah ini, berarti otak akan mendapatkan nutrisi yang baik.

3 dari 5 halaman

7. Menunda Penuaan

Manfaat orgasme pada wanita ternyata memicu pelepasan human growth hormone. Hormon ini bermanfaat untuk membuat wajah tampak lebih muda dari usia yang sesungguhnya.

Orgasme membantu menjaga tekanan darah Anda tetap rendah, sehingga orgasme memperlambat proses penuaan. Hal ini meningkatkan kolagen, protein yang membantu menjaga kulit Anda terlihat tetap kenyal dan bebas kerutan. Manfaat orgasme pada pria juga kurang lebih sama dengan wanita.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian membuktikan bahwa mereka yang sering orgasme cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah, sehingga kesehatan jantung juga lebih terjaga.

Karena itu, memiliki kehidupan seks yang baik merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung Anda, serta menjaga keseimbangan kadar estrogen dan testosteron.

Artikel Lainnya: Menilik Frekuensi Ejakulasi yang Ideal bagi Pria untuk Jaga Kesehatan

4 dari 5 halaman

9. Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Sering orgasme dapat membantu menangkal kanker prostat, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Urology International.  

Penelitian mengklaim bahwa orgasme setidaknya empat kali per minggu dapat menurunkan risiko pria (di atas 50 tahun) untuk terkena kanker prostat hingga 30 persen. 

10. Memperbaiki Siklus Menstruasi

Menurut studi tahun 1978 yang diterbitkan dalam jurnal Psychoneuroendocrinology, manfaat orgasme teratur juga dapat membantu mengatur siklus menstruasi, bahkan saat Anda sedang tidak menstruasi.

Mekanisme pastinya tidak diketahui tetapi mungkin terkait dengan ritme sirkadian. Namun, hal ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan mental, dan kesehatan sirkadian.

Untuk mendapatkan manfaat orgasme di atas tidaklah mudah, terutama pada wanita. Hal ini disebabkan tidak setiap wanita yang melakukan hubungan seksual akan selalu berakhir pada orgasme. 

Oleh karena itu, agar kedua belah pihak sama-sama merasakan manfaat orgasme, diskusikan hal ini lebih lanjut dengan pasangan Anda. Jika dirasa perlu, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter bersama pasangan Anda seputar kesehatan seksual.

Agar lebih mudah, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY]

2 Komentar