Sukses

Advent Bangun Terkena Gagal Ginjal, Apa Penyebabnya?

Aktor laga era 80-an, Advent Bangun, dikabarkan mengalami gagal ginjal. Apa sebenarnya penyebab penyakit ini?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu legenda hidup film laga Indonesia, Advent Bangun, dikabarkan mengalami gagal ginjal. Diakui sang istri, Lois Riani Amalia Sinulingga, Advent memang sudah melakukan prosedur cuci darah sebanyak dua kali dalam seminggu sejak April 2017 lalu.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa suaminya sudah mengalami penyakit diabetes sejak tahun 2005. Kondisi kesehatan aktor laga yang terkenal melalui film “Rajawali Sakti” dan “Golok Setan” ini terus menurun. Turunnya kondisi kesehatan Advent diduga karena gaya hidup yang kurang sehat, seperti jarang berolahraga, sering mengonsumsi soft drink, serta kurang minum air putih.

Penyebab gagal ginjal

Gagal ginjal terjadi ketika jaringan ginjal rusak, sehingga organ ini kehilangan kemampuannya untuk menyaring racun dari dalam darah. Pada umumnya, gagal ginjal terjadi bersamaan dengan gangguan kesehatan lainnya.

Dalam kondisi tersebut, gagal ginjal dapat terjadi bila Anda mengalami beberapa kondisi berikut ini:

  1. Aliran darah ke ginjal berkurang atau melambat.
  2. Ada riwayat benturan yang menimbulkan kerusakan pada jaringan ginjal.
  3. Ada sumbatan di saluran yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih (ureter). 

Adapun beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gagal ginjal, yaitu:

  • Usia lanjut
  • Penyakit diabetes
  • Penyumbatan pembuluh darah di lengan atau tungkai
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati

Efek lain dari gagal ginjal

Tak hanya itu, penyakit diabetes yang dialami oleh aktor laga Advent Bangun pun bisa mengganggu fungsi ginjal bila tidak diobati dengan memadai. Menurut penelitian di National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS) Amerika, kebiasaan konsumsi minuman bersoda dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit diabetes, hipertensi dan batu ginjal. Ketiga masalah kesehatan tersebut merupakan faktor risiko terjadinya gagal ginjal.  

Kurangnya berolahraga juga dikaitkan dengan kurang baiknya sistem peredaran darah yang pada akhirnya dapat memengaruhi fungsi ginjal. Sedangkan, kurang minum air juga dapat memengaruhi fungsi ginjal, karena konsumsi air putih dapat membantu proses produksi urine dan membuang racun-racun dari tubuh, serta dapat mencegah terjadinya batu ginjal.

Berkaca dari kasus gagal ginjal yang dialami oleh Advent Bangun, mulailah untuk menciptakan kebiasaan yang sehat untuk Anda dan keluarga. Konsumsilah air putih dalam jumlah cukup, berolahragalah secara rutin dan jangan menunda waktu untuk buang air kecil.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar