Kesehatan Mental

Manfaat Nonton Film di Bioskop bagi Kesehatan

Novita Permatasari, 18 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Menurut beberapa ahli, ternyata nonton film di bioskop cukup membantu meningkatkan kesehatan jiwa.

Manfaat Nonton Film di Bioskop bagi Kesehatan

Pernahkah Anda menitikkan air mata atau tertawa terbahak-bahak saat nonton film di bioskop? Jika jawabannya ya, ketahuilah bahwa emosi tersebut merupakan proses film mengolah kesehatan jiwa menjadi lebih baik.

Seperti dilansir oleh NBC News, kini semakin banyak terapis yang menggunakan film sebagai resep proses pengobatan pasien mereka untuk mengeksplorasi kejiwaan. Film menjadi satu alat untuk membantu orang-orang dalam terapi mencapai tujuan serta mengatasi rintangan.

“Terapi bioskop adalah proses penggunaan film layar lebar untuk tujuan terapeutik,”ucap Gary Solomon, Ph.D., MPH, MSW, penulis The Motion Picture Prescription and Reel Therapy.

Hal tersebut juga diamini oleh Prof. Salomo, seorang profesor psikologi di Community College of Southern Nevada. “Nonton bioskop dapat memberi efek positif pada sebagian besar orang, kecuali pada mereka yang menderita gangguan kejiwaan,” jelasnya.

Salomo sendiri sering membantu narapidana untuk belajar menggunakan film sebagai terapi untuk melihat apa yang telah dilakukan dan apa hal yang dapat dipelajari dari film. Ia menyarankan kepada Anda agar memilih film dengan tema yang mencerminkan masalah atau situasi Anda sebagai obat terapi kesehatan jiwa.

Seorang terapis bioskop bernama Birgit Wolz, Ph.D. dari Oakland, California mengatakan pada WebMD bahwa nonton film di bioskop bisa menjadi obat bagi seseorang yang berada di tengah depresi. “Sebuah film yang membantu mereka menangis dapat membuka berbagai tingkat jiwa mereka,”ucapnya.

Menanggapi hal ini, dr. Resthie Rachmanta Putri dari Klikdokter menjelaskan bahwa nonton film di bioskop bisa sebagai media untuk relaksasi. “Saat merasa rileks, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan. Hormon ini juga berfungsi dalam meregenerasi sel-sel yang rusak,” ucapnya.

Selain itu dr. Resthie juga menambahkan bahwa ketika hormon endorfin meningkat, secara otomatis hormon kortisol sebagai hormon pembawa stres akan menurun. Sehingga, peredaran darah di tubuh menjadi lebih lancar dan kerja jantung menjadi lebih ringan.

Jadi, nonton film di bioskop memang terbukti direkomendasikan banyak ahli sebagai obat untuk menstabilkan kesehatan jiwa seseorang. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, nonton film di bioskop!

[RVS]

BioskopKesehatanNonton

Konsultasi Dokter Terkait