Sukses

Mengenal Tinnitus yang Ancam Pendengaran Eric Clapton

Musisi Eric Clapton mengaku bahwa ia terancam tuli akibat tinnitus. Gangguan telinga apakah ini?r

Klikdokter.com, Jakarta Musisi legendaris penembang lagu Tears in Heaven, Eric Clapton, baru-baru ini dalam sebuah wawancara mengungkapkan  bahwa ia terancam tuli. Kondisi ini dialaminya akibat gangguan pada telinga yang disebut tinnitus.

"Satu-satunya hal yang saya pedulikan saat ini adalah usia saya sudah 70-an tahun dan saya harus tetap cakap (sebagai seorang musisi). Maksudnya, saya akan tuli. Saya mengidap tinnitus,” katanya dalam wawancara dengan BBC Radio 2 baru-baru ini.

Tinnitus bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala yang didasari oleh gangguan pada telinga atau saraf pendengaran. Tinnitus itu sendiri adalah suara berdengung yang didengar di telinga, tetapi bisa juga terdengar seperti gumaman, desisan, siulan, dan gesekan, bahkan suara musik atau nada tertentu.

Terdapat beberapa penyakit tertentu yang bisa menyebabkan gejala tinnitus, seperti obstruksi pada telinga tengah, gangguan pada tekanan telinga, atau kondisi medis tertentu.

  • Obstruksi telinga tengah

Obstruksi pada saluran telinga dapat meningkatkan tekanan di dalam telinga, dan hal ini mengganggu kerja dari gendang telinga. Selain itu, objek yang menghalangi ini juga bisa menyebabkan iritasi pada gendang telinga, sehingga menimbulkan persepsi suara. Contoh yang paling sering adalah kotoran telinga, benda asing, serta rambut di telinga.

  • Gangguan tekanan

Lendir hidung yang terlalu banyak, misalnya akibat flu dan infeksi sinus, bisa menyebabkan tekanan abnormal di telinga. Seperti halnya obstruksi, kondisi ini dapat menimbulkan gejala tinnitus. Tak hanya itu, barotrauma akibat perubahan tekanan yang mendadak, seperti saat naik pesawat atau menyelam, bisa memicu gangguan pada telinga dalam dan telinga tengah.

  • Kondisi medis tertentu

Selain dari gangguan struktural, tinnitus juga bisa disebabkan oleh kondisi medis lainnya, seperti gangguan metabolik, gangguan psikis, gangguan pada tulang telinga, alkoholisme, serta tumor.

Meski mengganggu, tinnitus umumnya bukan kondisi yang serius. Banyak orang cemas bahwa mereka akan tuli total setelah didiagnosis tinnitus, tetapi sebenarnya ini jarang terjadi. Namun, jika tinnitus tidak segera diatasi dengan baik, maka dapat menyebabkan gangguan pendengaran, baik ringan hingga berat.

Oleh karena itu, bila Anda merasa mengalami gejala tinnitus seperti Eric Clapton, segera periksakan diri ke dokter THT. Dengan pemeriksaan dapat diketahui derajat keparahannya serta mendapatkan penanganan yang tepat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar